Menikah 2021? Ini Keunggulan Mahar Reksa Dana

Yodie Hardiyan

[Waktu baca: 5 menit]

Punya rencana menikah pada 2021? Tidak ada salahnya mempertimbangkan reksa dana sebagai alternatif pilihan mahar.

Pada dasarnya, mahar adalah pemberian wajib kepada mempelai perempuan dari mempelai laki-laki saat akad nikah. Sejumlah agama atau budaya memiliki bentuk mahar yang berbeda-beda.

Di sejumlah tempat di Jawa, mahar umumnya diberikan dalam bentuk uang tunai atau emas. Kebiasaan ini telah terbentuk sejak lama. Namun, beberapa tahun belakangan, muncul tren mahar berupa produk investasi keuangan seperti reksa dana atau saham.

Apa saja keunggulan reksa dana sebagai mahar? Berikut ini sejumlah hal yang bisa kamu pertimbangkan saat menikah pada 2021:

1. Unik

Mahar berupa reksa dana adalah sesuatu yang unik di tengah masyarakat Indonesia yang telah memiliki kebiasaan pemberian mahar dalam bentuk emas atau uang.

Pernikahan adalah momen yang spesial dan jarang terjadi dalam kehidupan seseorang. Tidak ada salahnya memilih reksa dana sebagai mahar untuk menambah kesan spesial dalam acara langka itu!

2. Terjangkau

Jangan dibayangkan reksa dana adalah produk investasi yang hanya diperuntukkan bagi investor bermodal ratusan juta atau miliaran Rupiah. Pada saat ini, reksa dana dapat dibeli dengan modal minimal Rp100.000 di sejumlah agen penjual.

Mahar reksa dana dapat menjadi alternatif bagi calon mempelai yang memiliki modal pernikahan yang terbatas. Setelah menikah, pasangan tersebut dapat berinvestasi reksa dana setiap bulan untuk menambah investasinya.

3. Perubahan Nilai

Sebagai produk investasi, reksa dana memiliki peluang untuk mengalami perubahan nilai menjadi lebih besar di masa mendatang. Berbeda dari uang yang akan tergerus inflasi, reksa dana dapat menghasilkan keuntungan dengan persentase lebih besar daripada inflasi.

Pada saat ini, ada berbagai jenis reksa dana yang tersedia di pasar seperti reksa dana pendapatan uang, reksa dana pasar uang, reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana terproteksi, reksa dana indeks sebagainya. 

Mempelai tentu saja dapat memilih lebih dari satu jenis reksa dana sebagai mahar. Kendati menawarkan potensi keuntungan, perlu diingat reksa dana juga memiliki risiko. Kenali berbagai jenis reksa dana di artikel ini dan risiko reksa dana di artikel ini.

4. Tujuan Masa Depan

Seiring potensi perubahan nilai yang memberikan keuntungan di masa depan, tentu saja tidak ada salahnya menggunakan reksa dana tersebut untuk suatu tujuan keuangan di masa depan.

Salah satu contoh tujuan keuangan itu adalah mempersiapkan dana pensiun. Selain pensiun, reksa dana itu dapat digunakan untuk tujuan-tujuan keuangan yang lain. 

5. Bisa Diwariskan

Apabila reksa dana tersebut tidak hendak digunakan oleh pemiliknya di masa depan, reksa dana tersebut dapat diwariskan kepada ahli waris seperti anak. Reksa dana adalah sesuatu yang bisa diwariskan sama halnya aset lain seperti tanah, rumah, mobil dan sebagainya.

Kendati demikian, terdapat sejumlah prosedur yang perlu disiapkan dengan manajer invvestasi (serta notaris untuk aspek hukum dalam kasus tertentu) untuk mengurus warisan reksa dana.

Investasi