Investasi

Simak! 14 Saham Ini Bagi "THR" Dividen Sebelum Lebaran 2021

[Waktu baca: 4 menit]

Musim pembayaran dividen telah tiba. Pemegang saham akan menerima keuntungan berupa dividen dari hasil investasi sahamnya. Dividen itu diambil dari laba bersih perusahaan pada 2020.

Menariknya, dividen ini akan dibagikan oleh emiten menjelang Lebaran yang akan dirayakan pada 12-13 Mei 2021. Dividen ini laksana "Tunjangan Hari Raya" bagi para investor saham menjelang Lebaran. Dividen memang biasa dibagikan akhir kuartal I/2021 atau kuartal II/2021.

Saham apa saja yang akan membagikan dividen sebelum Lebaran 2021? Ini daftarnya:

Sumber: KSEI, diolah

Sebagian besar dividen yang akan dibagikan sebelum Lebaran itu telah melewati masa ex date. Dengan demikian, investor saham yang membeli saham setelah ex date tidak akan mendapatkan dividen tersebut. Investor yang mendapatkan dividen adalah investor yang memiliki saham sampai batas cum date.

Pada bulan Mei 2021, dividen itu akan dibagikan dalam rentang waktu 3-11 Mei 2021. Salah satu saham yang akan membagikan dividen sebelum Lebaran 2021 adalah United Tractors (UNTR).

Seperti diketahui, UNTR adalah salah satu penghuni Indeks IDX High Dividend 20 periode Februari-Juli 2021. Indeks IDX High Dividend 20 atau indeks yang mengukur pergerakan harga 20 saham yang mendistribusikan dividen tunai dalam tiga tahun terakhir dan memiliki dividen yield yang lumayan tinggi.

Dividend yield adalah dividen per saham dibagi harga saham (biasanya harga pada hari terakhir cum date). Dividend yield kerap dianggap sebagai tingkat keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemegang sahamnya dalam pembagian dividen. 

Bagi investor, dividen tentu saja merupakan hal yang menyenangkan karena mendapatkan keuntungan dari hasil kepemilikan saham. Dividen ini menjadi keuntungan dari investasi saham selain potensi capital gain. 

Apa saja perusahaan yang rutin membagikan dividen bahkan dalam 10 tahun terakhir? Simak ulasannya dalam artikel spesial berikut ini: 44 Perusahaan yang Rutin Membagikan Dividen Lebih Dari 10 Tahun Berturut-turutSelamat menikmati dividen!

Tags in: Saham

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login