Saham Baru Masuk MSCI: Dari MDKA Sampai BRIS

Yodie Hardiyan

[Waktu baca: 3 menit]

MSCI Inc., perusahaan yang membuat indeks saham secara global, memperbarui daftar saham yang masuk ke dalam indeks MSCI. Perubahan ini akan berlaku 1 Desember 2020.

Indeks itu antara lain MSCI Global Standard Indexes List dan MSCI Small Cap Indexes List. Apa gunanya? MSCI ini adalah salah satu indeks yang menjadi rujukan bagi investor global dalam berinvestasi di pasar saham Indonesia.

Ada saham yang masuk dan keluar dari indeks MSCI.

MSCI Global Standard Indexes:

  • Masuk: MDKA, TOWR
  • Keluar: HMSP, EXCL

MSCI Small Cap Indexes List

  • Masuk: BRIS, CARE, FREN, TINS, EXCL
  • Keluar: LPPF, TAMU, RALS, SSMS

Saham Indonesia yang masuk ke dalam MSCI Global Standard Indexes itu juga masuk ke dalam MSCI Indonesia Index. Selain itu, saham Indonesia yang masuk ke dalam MSCI Small Cap Indexes List masuk ke dalam MSCI Indonesia Small Cap Index.

MSCI Indonesia Index didesain untuk mengukur performa saham berkapitalisasi pasar besar dan menengah di pasar saham Indonesia yang berisi 22 saham. Sementara itu, MSCI Indonesia Small Cap Index hanya untuk saham berkapitalisasi pasar kecil.

Keluar masuk saham ke dalam indeks MSCI itu dipilih berdasarkan kriteria: nilai (relatif tidak mahal), ukuran, momentum, kualitas neraca, yield dan volatilitas. Saham dipilih tidak hanya dari satu sektor.

Reminder: MDKA juga baru masuk indeks LQ-45 periode Agustus 2020-Januari 2021, sementara itu BRIS akan menjadi surviving entity dari penggabungan bank syariah milik bank BUMN. Kami mengulas MDKA di artikel ini dan BRIS di artikel ini.

Investasi