Perusahaan Karoseri Ini Mau IPO, Berminat?

Yodie Hardiyan

[Waktu baca: 4 menit]

Harapan Duta Pertiwi, perusahaan karoseri yang berbasis di Tangerang, Banten, berencana mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada 24 Mei 2021 atau selepas Lebaran.

Perusahaan akan melepas 851.667.000 saham baru atau sekitar 40 persen dari jumlah modal disetor setelah penawaran umum saham perdana (IPO). Di samping melepas saham, perusahaan juga akan menerbitkan 425.833.500 waran.

Sebagian besar dana dengan porsi 90 persen yang diperoleh Harapan Duta Pertiwi dari IPO itu akan digunakan untuk modal kerja berupa pembuatan bagian-bagian atau karoseri kendaraan bermotor.

Sisanya, sebesar 5 persen akan digunakan untuk peningkatan fasilitas pabrik dan penunjangnya serta sarana dan prasarana dan 5 persen lainnya untuk pembelian mesin-mesin produksi.

Sebagai gambaran, perseroan merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri pembuatan karoseri pada kendaraan truk atau kendaraan komersial di Indonesia. Perusahaan didirikan oleh almarhum Jong Kanesis pada Januari 2005.

Berdasarkan prospektus IPO, perusahaan ini terus mengembangkan berbagai produknya dari waktu ke waktu. Pada 2010, perusahaan mendiversifikasikan produk  di luar dump truck, yaitu tangki air, tangki crude palm oil (CPO) dan bahan bakar minyak (BBM).

Pada tahun-tahun selanjutnya, perseroan berinovasi mengembangkan produk-produk baru seperti tangki hi blow, cement mixer, wing box, box besi untuk logistic, trailer untuk mengangkut container, self loader untuk mengangkut alat berat, logging truck untuk mengangkut log kayu, dan produk-produk high engineering lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

Sebelum IPO, pemegang saham mayoritas perusahaan ini adalah Harapan Group Sukses dengan porsi kepemilikan 99 persen. Setelah IPO dimana publik akan memiliki 40 persen saham perusahaan, porsi itu akan berkurang menjadi 59,4 persen.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia, harga penawaran saham Harapan Duta Pertiwi sebesar Rp118 per lembar. Berikut ini jadwal IPO perusahaan karoseri ini:

  • Tanggal Efektif : 7 Mei 2021
  • Masa Penawaran Umum : 11 – 18 Mei 2021
  • Tanggal Penjatahan : 20 Mei 2021
  • Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan : 21 Mei 2021
  • Tanggal Distribusi Saham dan Waran secara Elektronik : 21 Mei 2021
  • Tanggal Pencatatan Saham dan Waran pada Bursa Efek Indonesia : 24 Mei 2021

Belum lama ini kami mengulas fenomena mafia pooling atau pihak yang mengincar saham-saham IPO dalam penjatahan pooling allotment untuk dapat menikmati kenaikan harga yang dikendalikan oleh investor strategis. Simak ulasannya selengkapnya dalam "Jejak Mafia IPO dan Efektifitas IPO Online"

Tags:

Investasi