Mengintip Jejaring Bisnis Kompas Group

Dika Aksara

Kompas Gramedia Group (KG) merupakan salah satu konglomerasi di Indonesia. Barangkali kebanyakan masyarakat hanya menyadari brand media seperti Koran Kompas, Kompascom, atau jaringan pemberitaan lainnya di bawah naungan KG. Padahal, lini bisnis KG sangat luas mencakup media, ritel dan penerbitan, perhotelan, pendidikan, event dan venue, property, digital, dan manufaktur. 

Seperti apa portofolio bisnis KG Group? Big Alpha merangkumnya untuk kamu. 

Punya lebih dari 400 jaringan bisnis

Kompas Gramedia memiliki jaringan usaha yang sangat luas, mencakup lebih dari 400 usaha di seluruh Indonesia. Grup KG didirikan oleh Jakob Oetama seorang wartawan dan ahli komunikasi. Perjalanannya dimulai dengan menerbitkan majalah Intisari. 

Selain Jakob Oetama, ada juga sosok penting PK Ojong yang juga berprofesi sebagai wartawan. PK Ojong merupakan ahli hukum yang bersama PK Ojong menerbitkan majalah Intisari pada 1963.  Yuk kita bahas satu per satu lini bisnis Kompas Gramedia:

Media

Ada lebih dari 150 merek media cetak, elektronik, dan broadcast di dalam klaster ini. Sejumlah brand yang paling populer antara lain: Koran Kompas, Kompascom, Intisari, KompasTV, Kontan, Bobo, Sonora, Warta Kota, Kompasiana, dan ratusan jaringan media Tribunnews di seluruh Indonesia.

Penerbit dan ritel

Dalam klaster ini ada 7 penerbit buku dan lebih dari 120 jaringan toko buku di seluruh Indonesia. Sejumlah merek penerbit yang kamu pasti tahu adalah Gramedia, Grasindo, Elex Media Komputindo, KPG, BIP, hingga m&c!

Perhotelan

Ada lebih dari 110 jaringan hotel di Indonesia dan Singapura yang dijalankan KG Group. Beberapa jaringan hotel yang paling terkenal adalah Hotel Santika, Amaris, The Anvaya Bali, The Samaya, dan The Kayana.

Manufaktur

KG Group juga memiliki lini bisnis di sektor manufaktur yang fokus pada penyediaan fasilitas percetakan dan produksi kemasan. Usaha ini dijalankan oleh Gramedia Printing Group, Metaform, dan Gramedia Mitra Edukasi Indonesia.

Pendidikan

KG Group menjalankan usaha di sektor pendidikan dengan 6 lembaga pendidikan dan 1 universitas. Seluruhnya adalah ELTI, Universitas Multimedia Nusantara, Gramedia Academy, Diginusa, dan Robologee.

Event & Venue

KG Group ikut meramaikan industri meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE). Venue paling andalan KG Group adalah Bali Nusa Dua Convention Center, Dyandra, dan Dyandra Convention Center Surabaya.

Digital

KG Group ikut masuk di sektor digital. Beberapa anak usaha yang bergerak di sektor ini adalah KGX, Gramedia Digital Nusantara, Oval, MyValue, Bhisma, StratX, dan Perpus.

Properti dan Infrastruktur

Kompas Gramedia ikut bergerak di sektor properti dan infrastruktur melalui sejumlah anak usaha seperti Medialand, Translingkar Kita Jaya, dan Wisma Kompas Gramedia.

Usaha lainnya

KG Group ikut bergerak di bidang distribusi, penyediaan buku sekolah, platform digital, dan lainnya. Salah satu anak usaha yang bergerak di sektor ini adalah Skystar Ventures.

 

Bisnis