Mengenal Bisnis Shopee di Indonesia, Dari Pesan Makanan Sampai Pembayaran

Dika Aksara

[Waktu baca: 5 menit]

Siapa tak kenal Shopee? Coba cek smartphone kamu, apakah aplikasi dengan huruf S berwarna oranye sudah terpasang? Jika iya, barangkali kamu adalah salah satu dari pengguna platform paling populer di Indonesia.

Shopee merupakan salah satu platform pasar digital dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Menurut riset iPrice, Shopee adalah aplikasi dengan pengguna aktif bulanan dan paling banyak diunduh di Indonesia pada 2020.

Meningkatnya minat masyarakat dalam berbelanja online selama pandemi, membuat Shopee terus menambah lini bisnisnya. Jika dulu Shopee hanya fokus pada layanan marketplace, menghubungkan penjual dan pembeli melalui satu aplikasi, kini perusahaan yang memiliki induk usaha di Singapura ini juga memiliki linis bisnis pesan antar makanan dan jasa ekspedisi sendiri. 

Dengan begitu, Shopee memiliki seluruh layanan yang diperlukan dalam transaksi marketplace: platform jual-belinya, metode pembayarannya, hingga jasa ekspedisinya. Semuanya dimiliki Shopee sendiri. Shopee kini menjadi salah satu kompetitor marketplace raksasa Indonesi lainnya yaitu Tokopedia.

Lantas apa saja lini bisnis Shopee di Indonesia? Big Alpha merangkumnya untuk kamu

1. Shopee Marketplace

Yang pertama tentunya Shopee sebagai marketplace. Bisnis utama Shopee sejak awal memang sebagai marketplace yang menghubungkan penjual dan pembeli melalui satu platform. 

Pertama kali diluncurkan di Singapura pada 2015, awalnya Shopee berperan menghubungkan transaksi consumer to consumer. Namun seiring dengan berkembangnya pasar, Shopee kini meyalani model business to consumer. 

Skema business to consumer secara khusus diyalani dalam platform ShopeeMall yang berisi brand-brand ternama di Indonesia bahkan dunia. Selama pandemi Covid-19 melanda, minat masyarakat untuk berbelanja daring semakin meningkat. Hal ini pun menguntungkan bagi Shopee. 

Pada Maret 2021, Shopee mencatatkan porsi traffic sebesar 29,7 persen di antara berbagai marketplace di Indonesia. Sepanjang Januari-Maret 2021, Shopee juga mencatatkan 117 juta kunjungan bulanan dengan pengunjung unik 35,74 per bulan.

Melalui Shopee, masyarakat bisa menemukan berbagai jenis produk untuk dibeli, mulai dari pakaian, gadget, perlengkapan rumah, elekronik, kesehatan, sampai pembelian voucher permainan atau membayar tagihan. 

Bagaimana persaingan Shopee dengan marketplace lainnya? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini: Merger GoTo dan Lanskap Baru Persaingan Ekonomi Digital Indonesia.

2. ShopeePay 

ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik atau dompet digital yang dapat digunakan untuk pembayaran transaksi secara online melalui aplikasi Shopee. ShopeePay juga bisa digunakan untuk transaksi offline di sejumlah merchant yang bekerja sama dengan Shopee. Hanya saja, kembalian dana pada transaksi offine diberikan melalui poin di aplikasi Shopee. 

Sejak diluncurkan pertama kali pada Agustus 2020 di Indonesia, ShopeePay menggandeng jutaan pedagang online dan offline agar transaksi bisa dilakukan secara digital. Hingga pertengahan 2021, pembayaran offline dengan ShopeePay bisa dilakukan di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia. 

Transaksi dengan ShopeePay memang meningkat tajam. Akhir 2020 lalu, pihak Shopee merekam bahwa 45 persen transaksi di Shopee Indonesia memanfaatkan fitur ShopeePay. Keberadaan ShopeePay meramaikan persaingan antar dompet digital di Indonesia. Simak ulasan mengenai dompet digital lebih lengkap dalam artikel berikut: Relasi dan Kompetisi Dompet Digital di Indonesia.

3. ShopeeFood

ShopeeFood adalah fitur teranyar yang diluncurkan oleh Shopee Indonesia berupa layanan pesan antar produk kuliner. Fitur ini masih menyatu dengan aplikasi Shopee. Pembayaran makanan pun dilakukan dengan ShopeePay, fitur pembayaran yang juga disediakan Shopee. 

Keberadaan ShopeeFood lantas memecah dominasi layanan pesan antar makanan berbasis aplikasi yang selama ini dikuasai dua pemain utama: Gojek dan Grab. Perjalanan Sea Group, perusahaan induk Shopee, dalam menghadirkan ShopeeFood diawali dengan akuisisi Foody Corporation pada 2017 lalu. Sebagai informasi, Foody Corporation adalah perusahaan di balik layanan 'Now', sebuah aplikasi pesan antar yang sukses besar di Vietnam. 

4. ShopeeXpress

ShopeeXpress atau Shopee Express adalah jasa pengiriman yang dimiliki Shopee secara khusus. ShopeeXpress menyediakan empat jenis layanan antar, yakni Shopee Express Standard, Shopee Express Sameday, Shopee Express Instant, dan Shopee Express Hemat.  Perbedaan dari keempatnya terletak pada kecepatan antar, kapasitas berat produk, hingga tarifnya. 

Pada April 2021, jagat maya sempat heboh karena pengguna Shopee tidak lagi menemukan opsi jasa kurir selain Shopee Express. Jika dulu pelanggan bisa memilij merek atau brand jasa ekspedisi yang beragam, namun tampilan di aplikasi memperlihatkan jasa kirim yang tersedia hanyalah Shopee Express. 

Namun hal ini sudah dibantah oleh pihak Shopee. Shopee Indonesia memastikan bahwa pelanggan masih bisa memilih jenis jasa pengiriman yang tersedia.
 

Tags:

Bisnis