Harga Emas Melesat, Ini Daftar Tempat Investasi Emas

[Waktu baca: 3 menit]

Sejak akhir 2019 hingga akhir Juli 2020, harga emas melesat lebih dari 30%. Pada Selasa, 28 Juli 2020, harga emas di dalam negeri bahkan mulai menyentuh rekor Rp1 juta per gram.

Seperti yang diulas di artikel ini, peningkatan harga emas dipengaruhi oleh sejumlah faktor global dan lokal. Sejumlah pihak bahkan memprediksi harga emas akan terus meningkat di masa mendatang.

Harga emas yang seringkali dipersepsikan "selalu naik" itu menjadi salah satu faktor yang membuat orang berinvestasi emas. Namun, tidak jarang orang yang masih bertanya-tanya dimana tempat untuk membeli emas. Berikut ini sejumlah tempat dimana kita bisa membeli emas:

1. Toko Perhiasan

Toko perhiasan adalah tempat yang sangat populer dalam jual beli emas sejak dulu. Pada umumnya, emas yang dijual di toko emas adalah dalam bentuk perhiasan seperti kalung, gelang atau cincin.

Toko emas ini tidak hanya berada di kota-kota besar namun juga kota kecil hingga desa. Perhiasan emas sejak dulu sering dianggap sebagai simbol kekayaan seseorang. 

2. Antam

Sebagai informasi, Antam adalah BUMN yang memiliki unit bisnis emas. BUMN ini menjual emas melalui berbagai saluran penjualan seperti Butik Emas, website Logam Mulia dan sebagainya.

Lewat Antam, kita bisa membeli emas batangan dengan berbagai berat, mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram. Emas batangan Antam biasanya telah mendapatkan sertifikat London Bullion Market Association untuk menjamin kualitas dan kemurnian produk.

Antam memiliki layanan brankas emas dimana pembeli bisa menyimpan emas untuk mengurangi risiko hilang. 

3. Pegadaian

Kendati dikenal sebagai perusahaan jasa gadai, Pegadaian memiliki lini bisnis emas. Perusahaan ini memiliki produk Tabungan Emas Pegadaian yang menyediakan layanan penitipan saldo emas.

Kita dapat berinvestasi melalui Tabungan Emas dengan cara datang ke seluruh outlet Pegadaian, mengakses Pegadaian Digital Service dan sebagainya. Emas yang ditabung di Pegadaian tersebut dapat dicetak dalam bentuk batangan.

4. Bank 

Sejumlah bank menawarkan jasa tabungan emas atau cicil emas bagi nasabahnya yang ingin memiliki emas batangan. Layanan tabungan emas ini juga disediakan oleh bank syariah dimana pembelian emas dilakukan dengan akad tertentu.

5. Marketplace

Seiring perkembangan platform dagang elektronik (e-commerce), kita juga bisa membeli emas melalui sejumlah platform marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya. Berbagai platform ini biasanya lebih user-friendly bagi orang yang sering melakukan transaksi belanja online melalui marketplace.

Dimanapun membeli emas, kita sebaiknya memahami investasi sebagai bagian dari mencapai tujuan kehidupan di masa mendatang. Simak berbagai tips keuangan lain di sini untuk mendapatkan informasi lain mengenai keuangan dan bisnis!

 

 

Related Posts

Masih Layakkah Membeli Emiten Penerbangan?
Tips Memulai Gaya Hidup Frugal Living

Leave a Comment

You need to sign in before leave a comment. Fields marked with an * are required.

Sign in

Subscribe To Big Alpha

Subscribe now and get exclusive news, advisory and more.