Personal Finance

10 Aplikasi Video Streaming Terbaik 2021: Fitur dan Biaya

[Waktu baca: 5 menit]

Lebih dari satu tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Beragam kebiasaan mulai bergeser, termasuk budaya masyarakat dalam beraktivitas di luar rumah. Risiko penularan Covid-19 yang masih cukup tinggi membuat masyarakat memilih mengurangi pergerakan di luar rumah. 

Aktivitas seperti bekerja, ibadah, sekolah, hingga hiburan pun lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Bila dulu masyarakat sibuk menghabiskan waktu akhir pekan di luar rumah seperti pusat perbelanjaan, kini hiburan di dalam rumah menjadi opsi terbaik. 

Pergeseran kebiasaan ini pun semakin dilirik banyak perusahaan penyedia layanan video on demand (VoD) atau layanan video streaming berlangganan. VoD sendiri adalah sistem televisi interaktif yang membuat penggunanya punya kontrol penuh dalam memilih sendiri program atau video apa yang ingin ditonton. 

Sederhananya, layanan video streaming berlangganan ini seperti rental video berbayar, namun pelanggan punya kuasa yang lebih banyak dalam menentukan acara atau video mana yang akan ditonton. 

Buat kamu yang sampai sekarang masih sibuk bekerja di rumah, mungkin video streaming ini menjadi opsi menarik untuk dipertimbangkan. Dengan biaya berlangganan tertentu, kamu bisa menikmati beragam video atau program acara menarik yang bisa mengisi waktu senggangmu. 

Nah, apa saja aplikasi video streaming terbaik tahun 2021? Bagaimana tarif dan fitur yang ditawarkan?

10 Aplikasi Streaming Video Populer 

1. Youtube

Aplikasi satu ini tidak salah jika ditempatkan di urutan pertama sebagai aplikasi video streaming terpopuler. Aplikasinya yang mudah dipakai dan biaya streaming-nya yang menggunakan data seluler membuat penggunanya sangat masif di seluruh dunia. Melalui Youtube, kita bisa menonton video, saluran, dan daftar putar favorit di manapun. 

Di Youtube, kamu tak hanya bisa berperan sebagai penonton, tapi juga bisa sebagai content creator. Sebagai penonton, kamu bisa menelusuri rekomendasi pribadi di beranda atau melihat konten teranyar dari channel favoritmu. 

Sebagai content creator, kamu bisa membuat video dan mengunggah video kamu di aplikasi Youtube. Kamu juga bisa menjalin interaksi dengan penonton secara real time melalui live streaming langsung dari aplikasi Youtube. 

Nah, layanan Youtube reguler memang memakan kuota dari data seluler. Itu pun masih ada iklan yang terpampang saat kamu menyaksikan video. Bila kamu enggan melihat iklan, kamu bisa menaikkan jenis langganan kamu ke Youtube Premium. Tentu dengan tarif yang lebih mahal. 

Harga Youtube Premium (per 2021)

  • Youtube Premium Individu Rp 59.000 per bulan dengan 1 bulan free trial
  • Youtube Premium Family Rp 89.000 per bulan dengan 1 bulan free trial
  • Youtube Premium Student Rp 34.990 dengan 1 bulan free trial

2. Netflix

Netflix juga menjadi aplikasi VoD paling populer sejagad untuk saat ini. Dengan berlangganan aplikasi ini, kamu bisa menonton berbagai acara TV dan film yang sesuai dengan selera. Netflix menyajikan ribuan serial, film, dokumenter, dan acara komedi stand-up spesial pemenang penghargaan. 

Jumlah pengguna Netflix juga semakin meledak seiring dengan sikap stay at home selama pandemi Covid-19. Wajar saja, orang semakin banyak menghabiskan waktu di rumah. 

Netflix pun secara berkala setiap bulan selalu menambahkan judul-judul serial, film, atau dokumenter terbaru sehingga pelanggan tidak akan bosan dengan video yang itu-itu saja. 

Kamu juga bisa menyesuaikan jenis video dengan mengaktifkan pengamanan aplikasi untuk anak-anak. Sehingga, video-video dengan konten dewasa atau vulgar bisa terhindari dari jangkauan anak-anak. 

Harga berlangganan Netflix:

Biaya berlangganan Netflix berada di rentang Rp 54.000 per bulan sampai Rp 186.000 per bulan. Besar kecilnya biaya berlangganan bergantung pada jenis paket yang diambil. 

3. Maxstream

Aplikasi VoD yang satu ini merupakan salah satu layanan khusus dari Telkomsel. Biasanya, biaya berlangganannya sudah termasuk dalam paket bundling dalam pembelian paket data Telkomsel. Tarif terpisah juga tersedia di aplikasi Telkomsel. 

Maxstream sendiri merupakan satu aplikasi penampung sejumlah layanan VoD terkenal, seperti Catchplay, HOOQ, Nickelodeon Play, dan VIU. Jenis video yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari serial, film, hingga dokumenter. 

4. Iflix

Sama seperti aplikasi penyedian layanan video berlangganan lain, Iflix juga menyajikan banyak serial, film, hingga dokumenter. Menariknya, Iflix menyajikan layanan gratis lho! Iflix juga punya basis yang sangat kuat di Asia Tenggara, sehingga pilihan subtitle nya pun mencakup bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Malaysia, Thailand, Burma, Vietnam, Sinhala, dan berbagai bahasa lain. 

Tarif berlangganan Iflix berada dalam rentang Rp 39.000 per bulan, atau pilihan pembayaran per tahun (setara dengan Rp 31.200 per bulan). 

5. Vidio

Vidio adalah platform media streaming yang menyakikan beragam chanel televisi lokal dan internasional. Mulai dari SCTV, Indosiar, RCTI, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menonton acara olahraga seperti Liga 1, Liga Champions, La Liga, Serie A, NBA, sampai pertandingan badminton dan tenis. 

Di Vidio, kamu juga bisa menyaksikan beragam sinetron Indonesia dan serial dari Korea Selatan atau sinema Bollywood. Biaya berlangganannya cukup terjangkau, yakni mulai Rp 19.000 per minggu. 

Vidio juga menawarkan konten baru berupa FOX Sports untuk menyaksikan MotoGP, balapan Formula 1, sampai UFC. Biaya langganannya Rp 49.000 per bulan.

Baca juga: Prospek Besar EMTK Setelah Suntikan Modal Jumbo

6. VIU

Aplikasi ini cocok buat kamu yang gemar nonton serial Korea Selatan atau serial Asia lainnya. VIU adalah aplikasi nonton drama Korea legal dengan subtitle Indonesia. Menariknya, VIU juga menyiarkan drama korea yang sedang siar di Korea Selatan scara simulcast, dengan perbedaan tayang hanya 8-24 jam dari siaran perdana di Korea Selatan. 

Beberapa K-Drama hits yang disiarkan di VIU (per April 2021), antara lain:

  •  Penthouse 2
  •  River Where The Moon Rises
  •  True Beauty
  •  Mr Queen
  •  Mouse
  •  Attack on Titan Season 4
  •  One Punch Man Season 2

Selain drakor atau drama Korea, VIU juga menyajikan bergaam film dan seriual Asia. Seperti dari Thailand dan Mandarin. 

VIU ada fitur gratis alias VIU Basic, di mana kamu bisa menikmati film atau drama Korea secara gratis. 

Tapi kalau kamu ingin menonton drama Korea eksklusif, maka kamu perlu berlangganan dengan tarif Rp 30.000 per bulan (tidak termasuk kuota data kamu ya). 

7. iQIYI

Aplikasi yang satu ini juga menyajikan beragam opsi drama atau seria Asia, termasuk dari Mandarin. Aplikasi ini juga sangat populer di China. iQIYI pun menghadirkan sensasi nonton serial dan drama Asia dengan subtitel Indonesia yang tentunya bikin kamu lebih nyaman. Tarif berlangganan iQIYI mulai dari Rp 99.000 per bulan. 

8. Disney+

Disney+ Hotstar merupakan layanan streaming program populer dunia dan di Indonesia. Sajian yang ditawarkan termasuk beragam film produksi Disney, Pixar, Star Wars, National Geographic, dan masih banyak lagi. 

Aplikasi pun cocok buat buah hati yang gemar menyaksikan acara atau film anak-anak produksi Disney. Tapi jangan salah, serial populer superhero pun ditayangkan di Disney+ sehingga tidak membosankan untuk orang dewasa. 

Untuk berlangganan Disney+ Hotstar, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 39.000 untuk langganan bulanan atau Rp 199.000 untuk satu tahun. 

9. HBO GO

HBO GO merupakan aplikasi mobile untuk layanan TV Kabel HBO. Seluruh tayangan film dan serial yang tayang di HBO pun bisa dinikmati di HBO GO, termasuk yang hits teranyar adalah film Justice League Snyder's Cut.

Untuk berlangganan HBO GO, biaya yang diperlukan sekitar Rp 60.000 per bulan. Pebayarannya bisa lewat Gopay yang terhubung dengan Google Play. 

10. WeTV

WeTV menyajikan beragam acara hiburan Asia. WeTV menyajikan fitur gratis namun terbatas atau berlangganan demi akses yang lebih luas. Beberapa acara original yang ditayangkan di WeTV antara lain, "My Lecturer My Husband", "Kebahagiaan Kecilku", dan "Dunia Duoluo". 

Untuk berlangganan, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 15.000 per bulan atau Rp 159.000 per tahun. Langganan WeTV secara kurtalan juga tersedia untuk Rp 35.000 per empat bulan. 

Tips Memilih Aplikasi Streaming Video

Setelah membaca paparan singkat dari 10 aplikasi video streaming di atas, barangkali kamu malah bingung untuk memilih aplikasi mana yang akan kamu pakai. Ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan sebelum kamu memutuskan untuk berlangganan di salah satu aplikasi. 

1. Sesuaikan Selera dan Jenis Video

Penting bagi kamu untuk menyesuaikan seleramu terhadap jenis video yang ditawarkan dari masing-masing aplikasi. Misalnya, kamu adalah seorang pecinta drama korea. Maka opsi VoD yang bisa kamu ambil adalah VIU atau Netflix, atau beberapa aplikasi lain yang menawarkan serial atau film Korea.  Atau kamu adalah pecinta film-film DC, maka aplikasi HBO GO bisa menjadi opsi. 

2. Sesuaikan Budget

Masing-masing layanan video streaming menawarkan tarif yang berbeda untuk berlangganan. Kamu bisa sih, menikmati layanan gratis atau free trial. Tapi biasanya waktunya terbatas atau video nya yang terbatas. 

Agar kamu bisa menikmati seluruh video dengan leluasa, maka kamu perlu berlangganan. Nah, sesuaikan kesiapan kantongmu dengan aplikasi yang kamu pilih. Kamu bisa gunakan satu aplikasi saja dalam satu waktu. Misalnya, bulan ini kamu berlangganan Netlix karena ingin menonton serial tertentu yang hanya ada di Netflix. Bulan depan, kamu hanya berlangganan VIU karena ingin nonton drakor yang hanya ada di VIU.

3. Beli paket bundling dengan provider

Terkadang, provider menawarkan bundling paket data dengan layanan streaming video tertentu. Kamu bisa memanfaatkan tawaran untuk untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
 

Tags in: Tips Keuangan

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login