Cari Tambahan Penghasilan? Ini Peluang Usaha Saat Idul Adha

[Waktu baca: 3 menit]

Hari raya Idul Adha akan dirayakan pada Jumat, 31 Juli 2020. Pada saat itu, umat Muslim akan melakukan sembahyang Idul Adha serta ibadah kurban setelahnya dengan cara menyembelih hewan ternak seperti kambing, sapi atau unta.

Berbagai literatur menyebutkan bahwa hukum kurban adalah sunnah. Di Indonesia, kegiatan kurban merupakan kegiatan yang selalu menyertai peringatan hari raya Idul Adha dan dilakukan di ruang terbuka setiap tahunnya.

Kurban juga dianggap sebagai bentuk solidaritas sosial antara umat Muslim yang berpunya dengan kaum fakir miskin yang membutuhkan bantuan. Daging hasil kurban disalurkan untuk kaum fakir miskin tersebut. Di samping itu, berdasarkan situs islam.nu.or.id, sebagian kecil daging kurban juga dapat dimakan oleh mudlahhi (pelaksana kurban).

Mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim, pemerintah membuat kebijakan hari raya Idul Adha adalah hari libur nasional. Selain untuk berlibur serta beribadah, hari libur itu bisa dimanfaatkan untuk berwirausaha atau memasarkan produk atau jasa terkait daging kurban. 

Momentum Idul Adha ini dapat dimanfaatkan bagi pekerja yang tengah mencari penghasilan tambahan atau bagi pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan atau sedang dalam status dirumahkan atau diberhentikan dari pekerjaannya karena pandemi corona.

Apalagi, hari raya Idul Adha pada 2020 jatuh di hari Jumat dimana bagi sebagian pekerja hal ini berarti akhir pekan yang panjang. Apa saja peluang usaha itu saat Idul Adha? Berikut ini rinciannya:

1. Perlengkapan Masak

Seperti diketahui, daging kurban dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti sate, tongseng, gule, sop dan sebagainya. Apabila kita ingin mengolah daging kambing menjadi sate maka diperlukan sejumlah perlengkapan.

Perlengkapan itu antara lain tusuk sate, arang, panggangan sate, kipas sate dan sebagainya. Pada saat Idul Adha, penjual berbagai perlengkapan ini menjamur di tepi jalan.

Bagi kamu yang berminat berwirausaha, kamu bisa memasarkan perlengkapan masak ini melalui media sosial atau membuka lapak di depan rumah atau tempat lainnya. Kamu bisa menjadi reseller dari berbagai perlengkapan yang banyak dicari pada Idul Adha tersebut.

2. Bumbu Siap Masak

Selain sate, daging kurban dapat juga diolah menjadi gule, sop, tongseng atau makanan berkuah lainnya. Namun, bagi sebagian orang, memasak jenis masakan ini tidaklah mudah. Ada bumbu khusus yang harus dibuat.

Bagi kamu yang punya pengalaman membuat aneka makanan tersebut tidak ada salahnya mulai meracik dan menjual bumbu siap pakai tersebut. Bumbu itu dapat digunakan oleh mereka yang ingin memasak daging itu menjadi berbagai makanan berkuah.

3. Jasa Masak

Apabila kamu punya keahlian memasak daging menjadi sate atau tongseng, tidak ada salahnya menawarkan jasa masak daging kurban. Tidak semua orang mampu masak daging menjadi masakan yang lezat dan nikmat.

Jasa masak ini bisa kamu tawarkan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter hingga grup WhatsApp. Siapa tahu pengalaman ini menjadi langkah awal sebelum membuka usaha warung sate atau tongseng di kotamu!

Nah, apa yang akan kamu lakukan di hari raya Idul Adha esok?

 

Related Posts

Saham: Halal atau Haram?
Mengenal Alokasi Aset Dalam Investasi

Leave a Comment

You need to sign in before leave a comment. Fields marked with an * are required.

Sign in

Subscribe To Big Alpha

Subscribe now and get exclusive news, advisory and more.