Bank Ini Jadi Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia Versi Forbes

Yodie Hardiyan

[Waktu baca: 4 menit]

Forbes kembali merilis daftar perusahaan publik terbesar di dunia pada Mei 2021. Forbes menerbitkan laporan Global 2000: How The World's Biggest Public Companies yang merangkum 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia.

Dalam daftar itu, ada enam perusahaan asal Indonesia dimana empat di antaranya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan asal Indonesia yang menjadi perusahaan publik terbesar versi Forbes adalah Bank Rakyat Indonesia.

Metriks atau ukuran yang dipakai Forbes antara lain penjualan, laba bersih, aset dan nilai pasar. Dari 2.000 perusahaan, BRI berada di peringkat 362 di seluruh dunia.

Setelah BRI, perusahaan asal Indonesia lainnya yang masuk ke dalam daftar itu antara lain Bank Central Asia (peringkat 436), Bank Mandiri (507), Telkom Indonesia (762), Bank Negara Indonesia (1.742) dan Gudang Garam (1.760). 

Perusahaan Publik Terbesar Indonesia Versi Forbes 2021

Sumber: Forbes

Berbagai perusahaan yang masuk ke dalam daftar Forbes itu merupakan perusahaan berkapitalisasi pasar terbesar di Indonesia. Sebagian investor menganggap bahwa saham-saham perusahaan tersebut merupakan saham blue chip. Kami mengulas secara mendalam berbagai perusahaan itu dalam artikel berikut ini:

Menilik dari peringkatnya, belum ada perusahaan asal Indonesia yang mampu tembus 100 besar apalagi 10 besar perusahaan publik terbesar di dunia versi Forbes. 10 besar perusahaan itu diisi oleh empat perusahaan asal China, lima perusahaan Amerika Serikat dan satu perusahaan Arab Saudi.

Perusahaan publik terbesar di dunia versi Forbes adalah ICBC, sebuah bank asal China yang memiliki aset US$4.914 miliar. Di peringkat kedua diduduki oleh perusahaan asal Amerika Serikat, JP Morgan Chase. Forbes sendiri telah merilis daftar itu sejak 2003. 

Belum lama ini Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan harapannya supaya ada 10 BUMN yang dapat masuk ke dalam daftar perusahaan terbesar di dunia. Harapan itu disampaikan untuk mengejar pencapaian China dimana 50 perusahaannya masuk ke dalam daftar tersebut. Semoga saja semakin banyak perusahaan publik asal Indonesia yang kian membesar dan masuk daftar Forbes itu!

Tags:

Investasi