Bisnis

Strategi Ampuh McD Gandeng BTS di Tengah Lesunya Industri Restoran

[Waktu baca: 4 menit]

Jaringan waralaba McDonald's Indonesia (McD) menjadi pusat perhatian pada Rabu, 9 Juni 2021, ketika menjual produk yang bekerjasama dengan boy band asal Korea Selatan, BTS.

McD menjual produk BTS Meal atau menu makanan yang terdiri chicken nugget, kentang goreng, cola dan saus sambal. Menu makanan ini dijual dengan nama BTS Meal seharga Rp40.000-Rp50.000.

Pemesanan BTS Meal ini dilakukan dengan aplikasi pemesanan makanan seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood atau McDelivery atau melalui layanan drive thru McD. Para pemesan produk BTS Meal ini tidak diperbolehkan memesan BTS Meal di konter pemesanan di dalam restoran karena produk ini tidak disediakan untuk makan di tempat.

Produk ini kabarnya tidak hanya tersedia pada satu hari saja, namun selama persediaan masih ada. BTS Meal ini dipasarkan di gerai McD di seluruh Indonesia mulai pukul 11.00 WIB. Beberapa hari sebelumnya, McD telah memulai sejumlah kampanye di berbagai saluran, termasuk media sosial, mengenai BTS Meal ini.

Pemasaran BTS Meal ini mendapatkan reaksi yang luar biasa dari para pelanggan, khususnya para penggemar BTS yang dikenal dengan julukan ARMY. Gerai-gerai McD di berbagai daerah di Indonesia diserbu oleh para kurir makanan yang membeli BTS Meal pesanan para pembeli.

Saking ramainya oleh para kurir makanan, sejumlah tempat sampai didatangi oleh polisi. Polisi berusaha mengurai kerumunan yang dianggap berbahaya menularkan virus corona. Di gerai-gerai lain, kemacetan terjadi akibat para pembeli BTS Meal mengantri di lantatur atau drive thru. Sejumlah gerai McD sampai ditutup karena pengunjung yang membeludak.

Strategi pemasaran McD ini tampaknya bekerja dengan baik karena menarik perhatian banyak orang untuk membeli produknya. Berbagai foto, video dan berita mengenai BTS Meal memenuhi media sosial dan media massa. 9 Juni 2021 seperti menjadi "hari BTS Meal".

Manajemen McD tampaknya sadar betul mengenai fanatisme penggemar BTS di Indonesia yang rela untuk membeli produk yang terkait dengan bintang K-Pop tersebut. Fanatisme mendorong seorang penggemar melakukan tindakan tertentu untuk mengekspresikan kesukaannya terhadap suatu hal.

Fanatisme bukan hanya dapat ditemukan dalam industri musik. Di bidang lain, olahraga misalnya, fanatisme juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari para pihak yang terlibat. Pendukung klub sepakbola rela menumpang truk dan menempuh jarak ratusan kilometer demi menonton klub kesayangannya.

Fanatisme itu barangkali tidak dapat dipahami oleh para pengamat yang tidak terlibat secara langsung dalam euforia. Bagi kalangan bisnis, fanatisme adalah suatu sikap yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan suatu produk. 

Dari sudut pandang bisnis, strategi manajemen McD ini memberi angin segar di tengah keterpurukan sektor restoran akibat pandemi virus corona. Saat pandemi, kapasitas restoran dibatasi hingga separuh. Kekhawatiran atas penularan virus juga membuat orang enggan atau mengurangi aktivitas di luar rumah seperti makan di gerai restoran cepat saji.

Akibatnya, penjualan restoran mengalami penurunan drastis khususnya pada 2020. Belum dapat diketahui secara pasti berapa besar penjualan McD pada 2020 mengingat jaringan waralaba ini dikelola oleh perusahaan tertutup bernama PT Rekso Nasional Food yang terafiliasi dengan Rekso Group.

Namun, berbagai perusahaan lain yang memiliki usaha sejenis seperti McD yaitu Pizza Hut atau Kentucky Fried Chicken mengalami penurunan penjualan pada 2020. Fast Food Indonesia, perusahaan yang mengelola KFC Indonesia, rugi Rp298 miliar pada kuartal III/2020 dibandingkan dengan laba Rp176 miliar pada kuartal III/2019.

Sementara itu, Sarimelati Kencana yang mengelola Pizza Hut rugi Rp94 miliar pada 2020 dibandingkan dengan laba Rp200 miliar pada 2019. Baik KFC dan Pizza Hut berusaha menggenjot penjualan dengan berbagai inisiatif, termasuk berjualan di tepi jalan.

Bagaimana nasib perusahaan restoran pada 2021? Apakah kondisinya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan 2020 atau belum pulih? Simak ulasannya dalam artikel mengenai industri restoran di artikel berikut: Harapan "Semu" Ramadan Bagi Emiten Restoran (KFC, Pizza Hut, Duck King)

Tags in: Bisnis

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login