Profil Kaesang Pangarep, Anak Presiden yang Punya Banyak Bisnis

Dika Aksara

[Waktu baca: 4 menit]

Siapa sih yang nggak kenal Kaesang Pangarep? Namanya mulai dikenal luas ketika Joko Widodo (Jokowi) terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2012. Ya, Kaesang adalah anak bungsu dari Jokowi yang menjadi Presiden Indonesia sejak 2014 hingga 2024. 

Sejalan dengan pesatnya karir politik sang bapak, popularitas Kaesang bersama dua kakaknya, Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu pun ikut melejit.  Kaesang kini dikenal sebagai pengusaha muda yang mengelola berbagai macam bisnis.

Pilihan hidup menjadi pebisnis mirip dengan ayahnya yang dulunya adalah seorang pengusaha mebel di Solo, Jawa Tengah. Sebelum terjun ke dunia politik dengan menjadi Walikota Solo, Jokowi adalah seorang pengusaha. 

Bagaimana biografi seorang Kaesang Pangarep? Mari kita simak profil dan deretan bisnisnya berikut ini!

Profil Singkat

Kaesang Pangarep adalah anak ketiga Joko Widodo bersama Iriana. Ia lahir di Solo, Jawa Tengah pada 25 Desember 1994. Kaesang, yang sangat populer di Twitter, menempuh pendidikan dasar di SD 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo. Kemudian ia melanjutkan pendidikan menengah pertama di SMP 1 Surakarta. 

Selepas SMP, Kaesang menempuh pendidikan menengah atas di sebuah SMA di Singapura. Namanya, Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureate.  Masih di Singapura, Kaesang melanjutkan kuliah di Singapore University o Social Sciences (SUSS) jurusan marketing dengan peminatan komunikasi. 

Selepas merampungkan kuliah inilah Kaesang mulai fokus dengan sejumlah bisnisnya, di samping tetap mengelola media sosial dan akun Youtube. Teranyar, ia menjabat Direktur klub bola di kota kelahirannya, Persis Solo sekaligus menjadi pemegang saham dengan porsi kepemilikan 40 persen.

Jejaring Bisnis Kaesang Pangarep

Sebagai putra seorang Presiden Jokowi, tentu Kaesang punya banyak "keuntungan" yang bisa dimanfaatkan untuk membangun usaha, terutama dari segi popularitasnya. Perlu diakui bahwa bisnis Kaesang kian berkembang saat ayahnya menjadi Presiden.

Semua usaha yang dijalankan Kaesang Pangarep berada di bawah naungan PT Harapan Bangsa Kita atau Hebat. Perusahaan ini menaungi berbagai merek kuliner yang dijalankan oleh Kaesang, seperti Sang Pisang, Yang Ayam, Ternakopi, Siap Mas, Let’s Toast, dan Enigma Camp.

Tapi biar memahami masing-masing bisnis Kaesang Pangarep, Big Alpha merangkumnya untuk kamu.

1. Sang Pisang

Sang Pisang dibangun oleh Kaesang Pangarep bersama seorang pebisnis muda asal Makassar, Ansari Kadir. Keduanya membangun Sang Pisang pada 2017 lalu. Sang Pisang merupakan bisnis kuliner yang menyajikan panganan berbahan dasar pisang seperti nugget pisang, pisang roll, ice banana, dan minuman dengan topping pisang. 

2. Mangkokku

Bisnis selanjutnya, sekaligus salah satu yang cukup populer adalah Mangkokku. Usaha makanan dengan produk berupa ricebowl ini dibangun Kaesang bersama sang kakak, Gibran Rakabuming, chef Arnold Poernomo, dan juga pengusaha kuliner Randy Kartadinata pada 2019 lalu. 

Pada November 2020, startup kuliner ini mendapat pendanaan pertamanya (seed funding) senilai US$2 juta atau setara Rp29 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures. 

Usut punya usut, keempat pendiri Mangkokku ini sebelumnya sudah sempat berkolaborasi untuk membangun setidaknya 12 perusahaan kuliner seperti Gioi, KOI Dessert Bar di Sidney, dan gerai martabak Markobar. 

3. Yang Ayam 

Bisnis yang satu ini dirilis Kaesang pada 2019 lalu dengan gerai pertama di Tanjung Duren, Jakarta. Yang Ayam sendiri menyajikan menu nasi ayam dengan kisaran harga Rp 12.727 sampai Rp 21.818 per porsinya.  Yan Ayam sendiri menjadi salah satu portofolio venture capital-nya, yakni PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT). 

4. Ternakopi

Kaesang akhirnya merambah ke 'perkopian' yang memang digilai anak-anak muda masa kini. Kaesang muncul dengan produk bernama Ternakopi yang dirilis pada 2019 lalu. Kedai pertamanya dibangun di Cipayung, Jakarta Timur. 

5. Let's Toast 

Jika sebelumnya Kaesang selalu berinovasi dengan menu-menu khas Nusantara, kali ini dirinya berkreasi dengan menu barat. Ia merilis merek baru bernama Let's Toast, dengan menu pilihan berupa egg sandwich, french toast, dan beberapa pilihan minuman segar. 

6. Siap Mas

Merek ini dikelola Kaesang bersama sang kakak, Gibran Rakabuming. Siap Mas Menghadirkan sejumlah produk makanan dan minuman seperti Ngedrink dan Kemripik yang dijual di jejaring minimarket. 

7. Enigma Camp

Bisnis yang satu ini berbeda dengan bisnis Kaesang lainnya. Enigma adalah wadah pelatihan programmer yang didirikan pada 2017 lalu oleh Kaesang Pangarep. Enigma fokus pada bisnis yang menyediakan IT Bootcamp dan IT Talent management untuk menyiapkan programmer siap kerja. 

Berencana IPO

Yang menarik, Kaesang sempat berwacana bahwa perusahaannya akan menghimpun dana publik melalui penawaran perdana saham atau IPO. Hal ini diungkap Kaesang pada 2020 lalu saat ditanya oleh warganet di akun Twitternya tentang kapan Sang Pisang bisa melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Kaesang pun langsung merepsons dengan membalas 'Tunggu tahun depan ya. Doakan semua brand di bawah @hebatoffiicial bisa dibeli sahamnya oleh masyarakat.' HEBAT alias PT Harapan Bangsa Kita adalah induk usaha yang menaungi berbagai merek rintisan Kaesang. 

Kaesang sempat menjelaskan bahwa IPO yang dimaksudnya adalah IPO versi mini. Sebagai tahap awal, IPO mini akan menawarkan saham Enigma, salah satu usaha rintisan Kaesang. 

Selain sebagai pengusaha, Kaesang juga dikenal sebagai investor saham. Dia sering membahas berbagai saham di akun Twitter-nya. Warganet kemudian menjuluki saham pilihan Kaesang sebagai "Sangmology". Apakah saham-saham pilihan Kaesang menarik? Kami mengupas berbagai saham yang dipilih Kaesang dalam artikel ini: Menilik PGAS, Jagoan #SangMology atau Lebih Dalam Mencerna BJTM, Saham Pilihan Kaesang 
 

Tags:

Bisnis