Investor Awal Google dan Di Mana Mereka Sekarang

Seirei

[Waktu baca: 5 menit]

Sebagai seorang investor, sepertinya menarik untuk melihat kebelakang siapa-siapa saja investor dan pemegang saham termasuk founder dari perusahaan-perusahaan terbesar di dunia pada saat awal mereka berdiri lalu melakukan Initial Public Offering (IPO) dan "di mana" mereka saat ini.

Perusahaan pertama dari seri Early Investors and Where Are They Now adalah Google atau sekarang sudah menjadi Alphabet ($GOOG).

Untuk melihat siapa-siapa saja investor dan pemegang saham awal dari Google kita bisa melihat ke prospektus pada saat IPO.

The VCs and Well Known Companies

  1. Kleiner Perkins Caufield & Byers (KPCB), mereka memiliki 8.9% saham Google setelah IPO dan sampai sekarang mereka masih exist sebagai sebuah VC. 
  2. Sequoia Capital, mereka memiliki 10.1% saham Google setelah IPO dan sama dengan KPCB, mereka juga masih exist sampai sekarang sebagai sebuah VC.
  3. Yahoo!, siapa yang tahu bahwa Yahoo! ternyata memiliki 7% saham Google setelah IPO? Sebelum IPO mereka memiliki 2.7 juta lembar saham kelas A yang berasal dari settlement dengan Google terkait AdWords.
  4. Sementara itu, sekitar 5.5 juta lembar saham kelas B mungkin dimiliki Yahoo! dengan berinvestasi langsung ke Google. Pada saat IPO, Yahoo! menjual sekitar 1.6 juta lembar saham atau sekitar $ 136.85 juta jika menggunakan harga IPO Google $ 85. Yahoo! sendiri sejak 2017 sudah menjadi milik Verizon dan menjadi salah satu cerita *rise and bust* dari startup yang paling menghebohkan.
  5. American Online (AOL), AOL memiliki 2.7% saham Google setelah IPO. Saat ini AOL juga dimiliki oleh Verizon.

The Founders

Untuk kategori The Founders ini adalah individual yang memiliki saham lebih dari 1%

  1. Larry Page memiliki 16% saham Google setelah IPO dan sekarang masih menjadi salah satu board di Alphabet setelah turun dari jabatannya sebagai CEO Alphabet di Desember 2019 dan digantikan oleh Sundar Pichai.
  2. Sergey Brin memiliki 16% saham Google setelah IPO dan sekarang masih menjadi salah satu board di Alphabet setelah turun dari jabatannya sebagai President Alphabet di Desember 2019 dan digantikan oleh Sundar Pichai. Larry Page dan Sergey Brin saat ini adalah salah 2 dari 10 orang terkaya di dunia versi Forbes.
  3. Michael Moritz memiliki 10.1% saham Google setelah IPO dan sekarang adalah salah satu partner di Sequoia Capiral dengan kekayaan sekitar $ 5 milyar (Forbes)
  4. L. John Doerr memiliki 8.9% saham Google setelah IPO dan sekarang adalah salah satu partner di KPCB dan salah satu board di Alphabet dengan kekayaan sekitar $ 7.7 milyar (Forbes). John Doerr juga adalah penulis buku *Measure What Matters,* salah satu buku yang mempopulerkan metode Objective Key Results (OKRs)
  5. Eric Schmidt memiliki 6.1% saham Google setelah IPO dan sekarang masih menjadi Technical Advisor di Alphabet dengan kekayaan sekitar $ 17 milyar (Forbes)
  6. Gilad Elbaz memiliki 3.1% saham Google setelah IPO, awalnya Gil Elbaz mendirikan Applied Semantics yang diakuisisi oleh Google pada April 2003
  7. K. Ram Shiram memiliki 2.1% saham Google setelah IPO dan sekarang menjadi partner di VC Sherpalo dan salah satu board di Alphabet dengan kekayaan sekitar $ 2.4 milyar (Forbes)
  8. Omid Kordestani memiliki 1.9% saham Google setelah IPO dan sekarang menjadi  salah satu board di Twitter 
  9. Andreas Bechtholsheim memiliki 1.4% saham Google setelah IPO dan founder dari SUN Microsystem dengan kekayaan sekitar $ 7.7 milyar (Forbes)
  10. David Cheriton memiliki 1.3% saham Google setelah IPO dan sekarang bekerja sebagai Profesor di Universitas Standford dengan kekayaan sekitar $ 7.9 milyar (Forbes)

Other Well Known People Not On The List

Jeff Bezos, yes, the richest person on earth. Jeff Bezos berinvestasi sekitar $ 1 juta di Google setelah bertemu Ram Shiram.

Bisnis