Bisnis

Mengenal NFT: Ketika Jack Dorsey Menjual Sebuah Tweet Rp36 Miliar

[Waktu baca: 3 menit]

Belum lama ini, Bos Twitter Jack Dorsey menjual sebuah tweet (kicauan) di Twitter dengan harga Rp36 miliar. Tweet itu adalah tweet berusia lebih dari 15 tahun.

“Bercanda kan? Itu kan cuma tweet.”

Kalau berpikir demikian, kemungkinan kamu belum dengar kegilaan seputar NFT. Jadi, cuitan bersejarah Jack Dorsey tersebut sedang dijual sebagai sebuah NFT. 

Tweet itu sudah dapat penawaran tertinggi seharga US$2,5 juta atau setara Rp36 miliar dari Sina Estavi, CEO Bridge Oracle, melalui platform bernama Valuable.

“NFT itu apa, Min?”

NFT adalah Non-Fungible Token. Non-fungible dalam konteks ini berarti sesuatu yang sangat unik dalam bentuk digital.

Misalnya: GIF, gambar, video, sampai album musik. Secara teori, objek apapun yang ada di dunia digital/online bisa dibeli sebagai NFT. 

Tweet pertama di dunia dari Jack Dorsey tadi adalah salah satu contoh NFT. Memang, salah satu alasan kenapa orang mau membeli NFT adalah karena nilai emosionalnya. 

Apalagi, tweet ini punya sejarah. Sudah pasti orang-orang yang berminat menjadikannya objek koleksi digital itu banyak jumlahnya.

“Bentar.. bukannya tweetnya tetep bisa kita liat sama-sama di Twitter?”

Benar sekali. Tapi ketika ada yang nge-bid dan terjual, maka dia lah “owner”-nya. Topik yang berkembang sekarang adalah NFT sebagai bentuk evolusi untuk mengoleksi karya seni berbentuk digital.

Sesuatu yang ada di internet memang bisa dengan mudah disimpan dan disebarluaskan, termasuk aset NFT. Bedanya, NFT menawarkan kepemilikan atas file digital tersebut.

Kepemilikan atas suatu NFT tercatat di Blockchain.

Ada banyak platform atau marketplace buat transaksi jual beli NFT. Misalnya: OpenSea, Rarible, dan Nifty Gateaway.

Belinya pakai duit beneran?

Iya, beberapa platform menerima mata uang dolar AS dan kripto, beberapa lainnya cuma menerima cryptocurrencies. 

Kripto? Yup, kripto bukan hanya bitcoin, lho! Kami mengulas sejumlah kripto selain bitcoin dalam artikel ini: Pilah Pilih Investasi Kripto Alternatif Bitcoin.

 

 

 

Tags in: Kripto

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login