Investasi

Menanti Pembagian Dividen PTBA 2021

[Waktu baca: 4 menit]

Salah satu perusahaan yang masuk ke dalam Indeks IDX High Dividend 20 yaitu PT Bukit Asam (Persero) Tbk. akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan pada 29 Maret 2021.

Dalam RUPS Tahunan tersebut biasanya akan dibahas mengenai pembagian dividen kepada pemegang saham atau investor. Dividen yang dibagikan tersebut berasal dari laba bersih perusahaan pada 2020.

Apakah PTBA akan membagikan dividen pada 2021? Pada saat ini belum dapat dipastikan mengenai pembagian dividen tersebut sampai RUPS Tahunan diselenggarakan pada 29 Maret 2021 tersebut. Namun, perusahaan batubara yang berbasis di Sumatera Selatan ini memiliki rekam jejak sebagai perusahaan yang "loyal" membagikan dividen.

Berikut histori pembagian dividen PTBA:

*Tahun merupakan tahun pembagian dividen

Baca juga: Pilah-pilih Saham Dividen Tinggi

Dari data di atas tampak PTBA membagikan dividen setiap tahun dengan rasio dividen dibandingkan dengan laba bersih (dividend payout ratio/DPR) bervariasi dengan rentang 30%-75%. Dalam dua tahun terakhir, DPR PTBA mencapai 75%. Dalam periode 2016-2019, dividen selalu dibayarkan pada bulan Mei.

Tidak heran PTBA masuk ke dalam Indeks IDX High Dividend20 atau Indeks IDX High Dividend 20 atau indeks yang mengukur pergerakan harga 20 saham yang mendistribusikan dividen tunai dalam tiga tahun terakhir dan memiliki dividen yield yang lumayan tinggi.

Sebagai catatan, kinerja PTBA kemungkinan tertekan pada 2020 dibandingkan dengan 2019 karena pandemi corona. Sampai kuartal III/2020, laba PTBA turun 44% dibandingkan dengan laba pada kuartal III/2019.

Laba PTBA turun seiring penurunan permintaan batubara. Permintaan turun karena aktivitas ekonomi turun karena pandemi. Di pasar domestik, PTBA banyak memasok listrik ke PLN dimana batubara tersebut digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik.

Hampir 60% pendapatan PTBA berasal dari penjualan batubara ke PLN dan anak usaha PLN, PT Indonesia Power Indonesia. 

Baca juga: Masa Depan PTBA dengan Gasifikasi Batubara

Kendati demikian, dalam suatu pernyataan di media, manajemen PTBA menyatakan PTBA masih tetap akan membukukan kinerja positif pada 2020. Dengan kata lain, PTBA masih dapat membagikan dividen kepada pemegang saham dari laba bersih yang diperoleh, jika RUPS Tahunan menghendaki demikian.

Tags in: Saham Saham PTBA

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login