Investasi

Laba Emiten Milik Lo Kheng Hong Jeblok 56% Kuartal I/2021

[Waktu baca: 3 menit]

Laba bersih periode berjalan yang dibukukan perusahaan pembiayaan Clipan Finance Indonesia (CFIN) turun 56 persen menjadi Rp40 miliar pada kuartal I/2021 dibandingkan dengan Rp93 miliar pada kuartal I/2020.

Sebagai gambaran, Clipan Finance Indonesia adalah perusahaan pembiayaan yang saham mayoritasnya dikuasai oleh grup Panin dengan porsi 51,5 persen. Belum lama ini, investor kawakan Indonesia Lo Kheng Hong juga membeli saham ini dengan porsi kepemilikan 5,15 persen.

Lo Kheng Hong membeli saham CFIN senilai Rp4,75 miliar di harga Rp246 dan Rp270 masing-masing 18,33 juta lembar dan 885.800 lembar pada April 2021. Saham CFIN menambah panjang daftar saham yang dimiliki oleh Lo Kheng Hong dengan porsi lebih dari 5 persen.

Kinerja keuangan CFIN pada kuartal I/2021 seiring penurunan jumlah pendapatan menjadi Rp407 miliar dibandingkan dengan Rp555 miliar pada kuartal I/2020. Penurunan pendapatan CFIN terjadi paling besar di lini pembiayaan konsumen sebesar 37 persen.

Di lini bisnis CFIN yang lain seperti sewa pembiayaan, sewa operasi-properti investasi dan sewa operasi-kendaraan juga mengalami penurunan. Hanya lini bisnis anjak piutang yang mengalami peningkatan.

Seperti diketahui, Clipan Finance adalah perusahaan pembiayaan yang memiliki bisnis pembiayaan konsumen seperti pembiayaan mobil bekas, pembiayaan KPR dan KPA, pembiayaan alat berat, pembiayaan multiguna, anjak piutang dan sebagainya.

Perusahaan pembiayaan seperti CFIN tidak lepas dari hantaman pandemi. Di saat ekonomi lesu, permintaan kredit menurun. Begitupula pembayaran angsuran kredit dimana tidak sedikit orang membutuhkan relaksasi pelunasan.

Bukan kali ini saja Lo Kheng Hong membeli saham yang terafiliasi dengan grup Panin. Sebelumnya, Lo Kheng Hong yang dikenal sebagai investor dengan "aliran" value investing itu pernah membeli saham Panin Financial (PNLF).

Kami pernah membedah berbagai saham yang dikoleksi Lo Kheng Hong, mulai dari PNLF sampai GJTL, dalam artikel khusus ini: Membedah 5 Saham (GJTL, PTRO, MBSS, PNLF, BMTR) Pilihan Lo Kheng Hong

 


 

Tags in: Saham

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login