Investasi Anti Ribet? #MakeItEZ with IPOT EZ!

Advertorial

Belakangan, “investasi” menjadi istilah yang marak didengungkan banyak orang. Tentu saja ini adalah hal baik. Mempersiapkan segala hal karena mungkin tahu bahwa akan ada saatnya Anda tak kuat lagi bekerja, kemampuan daya tangkap yang semakin melemah, pensiun dari pekerjaan atau sekedar ingin mendapatkan pendapatan pasif. 

Terkait investasi dan keuangan, belakangan melek finansial juga menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terelakan baik bagi yang muda ataupun yang sudah berumur. Hal ini juga ditunjukkan dengan data literasi keuangan milik OJK yang meningkat menjadi 38,03% per tahun 2019, dimana sebelumnya berada di angka 29,7% pada tahun 2016.

Sayangnya, adakalanya seseorang justru tak mengerti cara berinvestasi. Ini bukan soal pilihan. Mungkin mereka memiliki tabungan dan dana yang cukup untuk diinvestasikan, tetapi tidak paham bagaimana memulainya. Banyak anggapan bahwa investasi itu merepotkan, bahkan Warren Buffet pun mengatakan “Investing is simple but not easy”. Memang jika kembali ke beberapa tahun silam, untuk memulai investasi perlu modal besar dan datang ke bursa efek untuk melakukan pendaftaran hingga penawaran, sehingga tidak semua kalangan mampu untuk ikut berinvestasi.

Namun, belakangan investasi sudah menjadi hal yang semakin mudah dengan berkembangnya zaman dan digitalisasi. Kemudahan berinvestasi ini juga tercermin dari jumlah investor berdasarkan data KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) yang menyatakan bahwa sudah ada lebih dari 7,8 juta investor pasar modal per Januari 2022 ini. Angka ini meningkat drastis dari tahun 2020 lalu dimana jumlah investor Indonesia masih berada di angka 3,8 juta, artinya terjadi peningkatan sebesar ±105,3%. Hal yang semakin menarik adalah investor ritel pasar modal Indonesia didominasi oleh investor muda berusia <= 30 tahun dengan porsi sebesar 60,30% dan disusul oleh investor berusia 31-40 tahun dengan porsi 21,43% (KSEI, 2022).

Berbicara tentang investasi, tentu akan erat kaitannya dengan “berbelanja” pada instrumen atau produk investasi yang sudah kita mengerti. Berbelanja sendiri merupakan kegiatan yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari dan tentunya banyak dari kita yang juga sudah sering berbelanja melalui aplikasi marketplace, karena begitu nyaman dan mudahnya menggunakan aplikasi tersebut, kita pun semakin terbiasa serta tidak merasakan kesulitan untuk memahami berbagai fitur-fiturnya.

Jika berbelanja melalui aplikasi marketplace favorit adalah hal mudah untuk dipahami, sekarang bagaimana dengan investasi?. Pernah gak membayangkan kalau berinvestasi itu ternyata bisa senyaman dan semudah belanja di aplikasi marketplace favorit Anda? Punya tampilan yang eye catching dan fitur-fiturnya mudah dipahami bagi siapapun, bahkan investor pemula sekalipun.

Bagaimana jika ternyata aplikasi investasi tersebut benar-benar ada untuk membantu memulai langkah pertama investasi Anda? Tenang, karena aplikasi ini memang ada kok. Namanya IPOT EZ, aplikasi investasi keluaran Indo Premier Sekuritas yang memungkinkan Anda untuk belanja saham, reksa dana, hingga ETF hanya dalam 1 aplikasi dengan pendaftaran yang full online. 

Baik pengguna lama atau baru akan memperoleh kemudahan dalam melakukan aktivitas investasi di IPOT EZ. Pasalnya, IPOT EZ menawarkan terobosan baru khususnya terkait transaksi jual-beli saham. Investor bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja. Artinya, investor tak perlu khawatir. Sebab setelah melakukan analisis, investor bisa langsung order lewat fitur swipe to buy/sell layaknya sedang belanja online yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Setelahnya, IPOT EZ akan menjalankannya di jam bursa. 

IPOT EZ mengerti, tidak seluruh fitur akan digunakan oleh setiap pengguna, oleh karena itu terdapat fitur kustomisasi tampilan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing pengguna. Meski demikian, tampilan UI IPOT EZ tetap elegan. Anda bebas mengatur tampilan di IPOT EZ sesuai gaya Anda sendiri, your app, your style. 

Paling penting, ada satu terobosan sederhana soal logo emiten. Bagi investor pemula, mungkin sedikit kesulitan untuk mengingat kode emiten dan bisnis yang dijalankan. Penambahan ini tentunya membuat investor pemula jauh lebih mudah untuk mengingat visual logo emiten tersebut. 

Tak tanggung-tanggung, IPOT EZ juga melengkapi kehadirannya dengan fitur bernama AI Trending yang memungkinkan untuk melihat saham yang sedang trending dan ramai diperdagangkan secara real time dengan berbagai indikator. Fitur AI Trending ini tentunya dapat digunakan oleh para trader untuk mendapatkan cuan tipis-tipis tanpa kehilangan momentum di pasar. 

Berkaitan dengan penawaran saham perdana atau saham IPO yang belakangan menjadi banyak incaran, IPOT EZ juga menyediakan fitur e-IPO. Merupakan fitur e-IPO pertama yang memungkinkan pengguna memesan saham IPO langsung hanya dari aplikasi, tanpa harus masuk ke website IPO milik IDX. Fitur yang dikembangkan oleh IPOT untuk membantu pengguna agar dapat memesan saham IPO tanpa perlu ribet. Super user friendly untuk investor baru. Investor juga bisa mendapatkan data-data yang diperlukan secara online dan terintegrasi secara detail via email.

Tanpa menghilangkan kesan aksesibilitas, IPOT EZ juga terintegrasi dengan seluruh produk yang ada di superapp IPOT. Investor bisa dengan mudah melakukan transaksi saham dan ETF tanpa harus pindah aplikasi. Bagi pengguna baru tak perlu khawatir untuk melakukan pembukaan rekening di IPOT. Sebab, pengguna baru bisa memiliki Rekening Dana Nasabah (RDN) dan transaksi saham di hari yang sama.

Terakhir, IPOT menyadari bahwa sedikit berbeda sepertinya jauh lebih baik dibandingkan sedikit lebih baik. Semangat untuk meningkatkan kualitas investor di Indonesia menjadi tonggak utama dalam rilis IPOT EZ sesuai dengan kampanye IPOT #SemuaBisaInvestasi yang memberikan pesan untuk berfokus dalam misi edukasi bagi masyarakat tentang keuangan, pentingnya memiliki literasi keuangan, dan cara berinvestasi dengan cerdas agar tidak FOMO atau ikut-ikutan semata. 

Alhasil, tampilan yang lebih friendly, kemudahan layanan dan aksesibilitas membuat investor jauh lebih nyaman untuk berselancar di pasar modal. #MakeItEZ with IPOT EZ!

Investasi