Bisnis

Deretan Artis Muda Indonesia Beli Klub Bola

[Waktu baca: 4 menit]

Sejumlah artis Indonesia membeli klub sepakbola sebagai bagian dari bisnis mereka. Fenomena ini banyak terjadi dalam setahun belakangan pada masa pandemi virus corona di saat kompetisi sepakbola nasional dihentikan.

Seperti diketahui, sepakbola adalah salah satu olahraga paling favorit di Indonesia. Olahraga ini digemari masyarakat dari berbagai kalangan. Pertandingan sepakbola, termasuk kompetisi lokal, menyedot banyak penonton.

Kendati prestasi Indonesia jeblok di tingkat regional dan dunia, sepakbola memiliki potensi yang besar dari segi bisnis. Seperti berbagai klub sepakbola di belahan dunia lain, klub sepakbola di berbagai daerah memiliki penggemar fanatik. Hal itu membuat sepakbola memiliki daya tarik yang kuat.

Jika klub sepakbola sebelumnya banyak dimiliki oleh konglomerat seperti yang kami ulas dalam artikel ini: Dekapan Konglomerat di Klub-klub Liga 1, kini para artis atau para tokoh di industri hiburan yang membeli klub-klub sepakbola. 

Sebagian besar dari mereka adalah artis muda yang berumur 20an-30an tahun. Siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya:

1. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad, selebritis yang pernah menjadi penyanyi dan kini menjadi pencipta konten Youtube, membeli klub yang berbasis di Cilegon, Banten yaitu Cilegon FC. Nama klub bola itu berubah menjadi RANS Cilegon FC.

Pembelian klub Liga 2 itu dilakukan melalui perusahaannya yang bergerak di industri hiburan, RANS Entertainment bekerjasama dengan perusahaan distributor otomotif, Prestige Motocars. RANS merupakan kepanjangan dari Raffi Ahmad Nagita Slavina, pasangan suami istri yang kini menjadi salah satu selebritis ternama di Indonesia.

2. Gading Marten

Gading Marten, selebritis yang juga merupakan putra dari aktor kawakan Roy Marten, membeli klub yang berbasis di Tangerang, Banten yaitu Persikota Tangerang. 

Kendati berubah pemilik, tim berjuluk "Bayi Ajaib" itu tidak berubah nama. Nama Persikota tetap akan dipakai oleh klub yang kini berada di Liga 3 tersebut.

3. Atta Halilintar

Atta Halilintar, salah satu Youtuber dengan jumlah pengikut terbanyak di Indonesia sebanyak 26 juta followers, diduga terlibat dalam klub sepakbola bernama AHHA PS Pati FC. 

Pada awal Juni 2021, Atta mengunggah sebuah video singkat mengenai klub AHHA PS Pati FC. Seperti diketahui, AHHA adalah merk dagang yang dimiliki oleh Atta Halilintar. Belum dapat diketahui klub mana yang dibeli oleh AHHA PS Pati FC.

4. Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo yang populer di internet dan media sosial sekaligus pengusaha, membeli klub sepakbola yang bermarkas di kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah yaitu Persis Solo.

Kaesang membeli 40% saham Persis Solo dan menjadi pemegang saham klub bola itu bersama Menteri BUMN Erick Thohir yang juga membeli 20% saham serta Kevin Nugroho yang membeli 30% saham. 10% saham lainnya masih dimiliki pendiri PT PSS dan 26 tim internal. 

Keputusan pembelian saham itu diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada Sabtu (20 Maret 2021). Setelah pembelian itu, Kaesang  menjadi Direktur Utama Persis Solo Saestu.

Apakah klub-klub sepakbola yang dibeli para pesohor itu akan menghasilkan keuntungan para pemiliknya? Mari kita tunggu hasilnya!


 

Tags in: Bisnis

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login