Ada Ahok, Ini Daftar Komisaris Pertamina 2021

Dika Aksara

Awal November 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengundang seluruh jajaran komisaris dan direksi PT Pertamina (persero) ke Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi memanfaatkan momentum tersebut untuk memberikan arahan dan masukan terkait kinerja perseroan. 

Jokowi sempat mengkritik rumitnya birokrasi di BUMN yang membuat calon investor berpikir dua kali. Presiden bahkan blakblakan bahwa dirinya terkadang ingin marah melihat sebuah rencana yang mandeg digarap BUMN. Jokowi pun meminta Pertamina memperbaiki pengelolaan perseroan. 

Ngomong-ngomong, Pertamina sendiri belum menjadi perusahaan publik ya. Dorongan untuk IPO sempat berembus berkali-kali namun tidak ada perkembangan.

Nah, siapa saja sih komisaris Pertamina?

1. Komisaris Utama, Basuki Tjaha Purnama (Ahok)

Pasti enggak asing lagi dong dengan nama ini. Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok menjabat sebagai komisaris utama Pertamina sejak 25 November 2019. 

Sebagai seorang politikus, nama Ahok meroket setelah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 2012 lalu, mendampingi Jokowi. Namun, sebelumnya, Ahok sudah lebih dulu menorehkan prestasi sebagai Bupati Belitung Timur sejak 2005. 

Saat Jokowi naik menjadi Presiden RI, Ahok otomatis menggantikannya dan diangkat sebagai Plt Gubernur DKI mulai 16 Oktober 2014. 

BTP merupakan lulusan Teknik Geologi Universitas Trisakti. 

2. Wakil Komisaris Utama, Pahala Nugraha Mansury

Bankir kelahiran 1971 ini juga menjabat sebagai Wakil Menteri I BUMN sejak 2020 menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang digeser Jokowi menjadi Menteri Kesehatan. 

Pahala sempat menjabat sebagai Direktur Keuangan Pertamina dan Direktur Utama Garuda Indonesia. Dia merupakan lulusan FEUI.

3. Komisaris, Heru Pambudi

Heru memulai karir profesional di lingkungan Kementerian Keuangan. Saat ini pun, ia masih merangkap jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan. Sebelumnya, sejak 2015 dirinya menjabat sebagai Dirjen Bea dan Cukai. 

4. Komisaris, Ego Syahrial

Ego sempat menjabat sebagai Kepala Badan Geologi di Kementerian ESDM. Dia juga sempat menjabat Dirjen Migas dan Sekjen di Kementerian ESDM.

5. Komisaris Independen, Alexander Lay

Alexander merupakan lulusan Teknik Perminyakan ITB. Pria kelahiran Flores ini pernah menjabat sebagai Dewan Pengawas di Transparency International Indonesia. 

6. Komisaris Independen, Ahmad Fikri Assegaf

Lulusan Hukum UI ini memiliki karir panjang di bidang hukum. Ia menjadi satu dari 100 pengacara top Indonesia tahun 2020 versi Asia Business Law Journal dan pernah juga menjadi Komisaris PT Telkom (persero). 

7. Komisaris Independen, Iggi H Achsien

Iggi memiliki pengalaman panjang di industri keuangan, terutama di bidang perbankan syariah. Iggi pernah menjabat sebagai komisaris di beberapa perusahaan. Iggi merangkap jabatan sebagai anggota Tim Ahli Wapres sejak awal 2021 dan juga menjabat Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) hingga 2023. 

 

Ekonomi