7 Istilah Populer Saat IHSG Sedang Hijau

Date:

[Waktu baca: 4 menit]

IHSG dalam tren naik pada November 2020. 

Dalam 16 hari perdagangan (2-23 November 2020), IHSG hanya empat kali ditutup melemah pada 2, 4, 12 dan 20 November. 

Hari lainnya ditutup hijau! Dalam periode itu, IHSG naik hampir 9%. 

Salah satu penyebabnya  diulas di artikel ini: Mengapa Vaksin Kabar Baik Bagi IHSG

Sama halnya saat IHSG terguncang, ada banyak istilah yang sering diucapkan saat IHSG sedang bangkit. Istilah ini sering dipakai oleh para investor atau trader dalam berbagai forum atau media.

Istilah ini merepresentasikan fenomena yang terjadi di pasar saham. Berikut ini istilah-istilahnya:

1. Reli

Reli (rally) adalah kenaikan harga saham atau indeks saham secara berkelanjutan dalam periode tertentu (biasanya jangka pendek).

2. Bullish 

Bullish adalah kondisi saat harga atau indeks saham berada dalam tren naik. Bullish berasal dari kata bull yang berarti banteng. 

Banteng adalah binatang yang dianggap menyimbolkan pergerakan harga saham ke atas atau naik. Dalam menyerang mangsa atau musuhnya, banteng berusaha menyeruduk dari bawah ke atas.

Anonim dari bullish adalah bearish yang berasal dari kata bear. Dalam menyerang mangsa atau musuhnya, beruang menerkam dari atas ke bawah

3. Profit Taking

Profit taking adalah keputusan untuk menjual saham di harga yang lebih tinggi daripada harga beli. Profit taking berarti merealisasikan keuntungan dalam investasi saham.

Bagi sebagian investor, saat IHSG sedang dalam tren naik adalah waktu yang baik untuk merealisasikan keuntungan. Namun, hal ini sangat bergantung pada horizon investasi masing-masing investor/trader.

4. Capital Gain

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh investor ketika menjual saham dengan harga lebih tinggi daripada harga beli. Capital gain diperoleh ketika melakukan profit taking.

5. Katalis Positif

Katalis adalah faktor berupa peristiwa atau situasi yang dianggap mempengaruhi pergerakan harga saham atau indeks saham. Katalis positif berarti faktor positif yang diperkirakan memiliki pengaruh baik terhadap pasar saham atau saham tertentu.

6. Rebound

Rebound sering dipahami sebagai "memantul" dari posisi yang lebih rendah ke posisi yang lebih tinggi. Harga saham dapat rebound  dalam satu hari perdagangan atau suatu hari dibandingkan dengan hari lainnya.

7. Cuan

Cuan adalah istilah populer sebagai padanan kata "untung" atau profit
 

Investasi