Personal Finance

5 Website Donasi Online Terpercaya 2021

[Waktu baca: 4 menit]

Tergerak untuk membantu sesama manusia karena adanya bencana, krisis atau pandemi? Kamu sekarang bisa menyalurkan bantuan atau donasi melalui sejumlah platform online.

Kalau  menyalurkan bantuan di masa lalu hanya dapat dilakukan dengan cara menitipkan uang secara langsung, kamu sekarang bisa menyalurkan bantuan melalui sejumlah platform online, baik website atau aplikasi, tanpa harus keluar rumah.

Kamu bisa menyalurkan donasi online untuk membantu sesama manusia di berbagai wilayah Indonesia yang sedang membutuhkan pertolongan. Tanpa harus keluar rumah, kamu bisa menyalurkan donasi online dengan bantuan jaringan internet dan smartphone.

Ini 5 website donasi aman dan terpercaya yang kamu bisa pakai untuk salurkan donasi online pada 2021:

1. Kita Bisa

Kita Bisa beralamat di http://kitabisa.com. Menurut penjelasan situs ini, Kita Bisa adalah situs donasi dan menggalang dana (fundraising) untuk inisiatif, campaign dan program sosial. 

Melalui Kita Bisa, kamu bisa menyalurkan donasi online untuk masyarakat yang membutuhkan. Misalnya, kamu menyalurkan bantuan untuk korban banjir bandang di Nusa Tenggara Timur yang terjadi pada awal April 2021 ini. Selain website, Kita Bisa juga memiliki aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store.

2. Rumah Zakat

Rumah Zakat beralamat di https://www.rumahzakat.org/en/. Menurut penjelasan di situs tersebut, Rumah Zakat adalah organisasi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat.

Melalui Rumah Zakat, kamu bisa menyalurkan donasi online untuk masyarakat yang membutuhkan. Misalnya, kamu menyalurkan bantuan untuk  anak yatim, masyarakat lanjut usia, janda dan sebagainya.

3. Aksi Cepat Tanggap

Aksi Cepat Tanggap (ACT) beralamat di http://act.id. Menurut penjelasan di situs tersebut, ACT adalah yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. 

Aktivitas ACT antara lain kegiatan tanggap darurat, program pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti Qurban, Zakat dan Wakaf. Melalui ACT, kamu bisa menyalurkan donasi yang akan digunakan untuk keperluan di bidang sosial dan kemanusiaan.

4. Indo Relawan

Indo Relawan beralamat di http://indorelawan.org. Menurut penjelasan di situs tersebut, Indo Relawan mendeskripsikan diri sebagai " sekelompok orang-orang biasa yang ingin menjadi bagian dari usaha dalam membuat Indonesia menjadi lebih baik."

Indo Relawan menyebutkan bahwa mereka bekerja dengan bantuan para donor dan donatur individual untuk menghubungkan organisasi sosial dan relawan. Kamu bisa berdonasi melalui situs Indo Relawan tersebut.

5. WeCare.id

WeCare beralamat di http://wecare.id. Menurut penjelasan di situs tersebut, WeCare.id adalah situs web yang dibangun khusus untuk mengumpulkan dana bagi pasien-pasien yang memiliki kemampuan finansial yang terbatas, tinggal di wilayah yang sulit dijangkau, serta belum menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau yang kepesertaannya sudah tidak aktif.

WeCare.id bekerja sama dengan dokter-dokter di rumah sakit untuk menghubungkan para calon donatur dengan para pasien sehingga mereka dapat memperoleh pengobatan dan fasilitas pendukung lainnya yang menyeluruh. Melalui situs ini, kamu bisa menyalurkan donasi untuk masyarakat yang masuk ke dalam kriteria penerima bantuan dari WeCare.

Tags in: Tips Keuangan

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login