Bisnis

5 Ide Bisnis Terkait Sepeda 2021

[Waktu baca: 4 menit]

Bersepeda adalah salah satu aktivitas yang sedang "naik daun" selama pada masa pandemi corona pada 2020. Tren bersepeda ini tentu saja berdampak terhadap kegiatan usaha di sektor sepeda.

Menurut Kementerian Perindustrian (Kemenperin), penjualan sepeda mengalami peningkatan hingga empat kali lipat pada 2020 dibandingkan dengan 2019. Tren sepeda ini tidak hanya terjadi di Indonesia namun juga di berbagai negara lain di dunia.

Hingga awal 2021, tren bersepeda masih tampak di jalan raya di berbagai kota. Peningkatan aktivitas bersepeda terjadi karena masyarakat mencari alternatif sarana berolahraga setelah berbagai fasilitas olahraga seperti pusat kebugaran, kolam renang, stadion dan sebagainya masih ditutup untuk mengurangi potensi penularan virus corona.

Nah, aktivitas bersepeda yang lagi digemari ini memiliki sejumlah potensi bisnis, lho! Potensi ini dapat dimanfaatkan buat kamu yang sedang berniat memiliki usaha sampingan atau bahkan mengelola bisnis sebagai mata pencaharian utama. Simak berbagai ide bisnis di bidang sepeda ini, siapa tahu bisa mempertebal kocek di masa pandemi seperti saat ini!

1. Fotografi Sepeda

Bagi sebagian pesepeda, bersepeda saja tidak cukup. Bersepeda juga perlu diabadikan dengan kamera lalu diunggah di media sosial sebagai bagian dari eksistensi diri. Sering lihat warganet mengunggah foto sedang bersepeda, kan?

Hasrat masyarakat untuk menunjukkan aktivitas dirinya di media sosial dapat menjadi peluang bagi para fotografer untuk menawarkan jasa fotografi sepeda atau fotografi yang khusus mengabadikan kegiatan bersepeda. 

Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh para fotografer yang memiliki perlengkapan fotografi seperti kamera hingga lensa yang memadai. 

2. Cuci Sepeda

Pada saat ini, jasa pencucian kendaraan lebih banyak mencakup mobil, sepeda motor atau kendaraan besar seperti truk atau bus. Jasa cuci sepeda masih sangat langka.

Sama seperti kendaraan lainnya, sepeda yang sering digunakan juga perlu dibersihkan. Jasa cuci sepeda dapat menjadi salah satu peluang usaha yang dapat dimanfaatkan dalam menyikapi tren bersepeda ini.

Jasa ini dapat ditawarkan oleh pemilik usaha cuci sepeda motor atau mobil sebagai salah satu lini bisnis baru. Selain itu, peluang ini juga dapat dimanfaatkan dengan cara membuka usaha cuci khusus sepeda. Tentu saja, cuci sepeda bukan berarti hanya mencuci sepeda, tapi juga memolesnya supaya mengkilap.

3. Aksesoris dan Suku Cadang Sepeda

Pada dasarnya, sepeda terdiri dari banyak bagian, mulai dari ban, rantai hingga rangka. Berbagai bagian itu bukan tidak mungkin dapat rusak suatu saat dan membutuhkan perbaikan atau bahkan diganti.

Di samping itu, sepeda juga tambah menarik apabila ditambah berbagai aksesoris seperti lampu, tempat minum, bel dan sebagainya. Pesepeda juga membutuhkan berbagai peralatan seperti helm hingga baju khusus bersepeda.

Kebutuhan tersebut tentu saja menjadi salah satu peluang bisnis berupa penjualan aksesoris atau suku cadang sepeda. Penjual dapat memanfaatkan marketplace hingga media sosial untuk menawarkan barang dagangannya tersebut.

4. Servis Sepeda

Pada saat ini, jasa servis sepeda belumlah sebanyak jasa servis mobil atau sepeda motor. Padahal, permintaan atas perbaikan sepeda juga kian banyak seiring peningkatan pengguna sepeda. Tidak semua pesepeda dapat memperbaiki sepeda yang dimilikinya sendiri.

Celah dari sisi penawaran ini dapat dimanfaatkan untuk menawarkan jasa servis sepeda. Tentu saja, jasa servis sepeda ini dapat dioperasikan oleh orang yang telah berpengalaman dan memahami cara memperbaiki sepeda. 

5. Jual Beli Sepeda Bekas

Ide terakhir yang dapat dijajal adalah jual beli sepeda bekas. Seseorang dapat menjadi perantara atau broker yang memfasilitasi jual beli sepeda dari pihak penjual dan pembeli. 

Dari jasa perantara itu, perantara dapat mengambil untung sekian persen atau uang dalam jumlah tertentu dari transaksi yang terjadi. Pada saat ini, tidak jarang seseorang bosan dengan sepeda yang dimilikinya lalu ingin segera menjualnya supaya mendapatkan uang untuk dibelikan sepeda yang baru.

Di sisi lain, banyak pula orang yang mengincar sepeda bekas karena harga yang dinilai lebih murah daripada membeli baru. Proses ini dapat difasilitasi seorang perantara jual beli sepeda yang tentu saja perlu memiliki jaringan yang luas di kalangan pesepeda.

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login