Personal Finance

Soal Investasi, Ini 3 Kehebatan Perempuan

[Waktu baca: 3 menit]

Apakah perempuan dan laki-laki sama saja ketika berinvestasi? Atau mereka berbeda? Apa saja perbedaan perempuan dan laki-laki dalam hal investasi?

Sebuah riset Wells Fargo Investment Institute, Inc. yang dibuat oleh Tracie McMillion dan Veronica Willis (Januari 2019) memaparkan sejumlah perbedaan antara perempuan dan laki-laki.

Dalam hal cara pandang, misalnya, 38% responden perempuan dari survei tersebut menyatakan diri lebih konservatif daripada laki-laki. Perempuan mengambil sedikit atau bahkan tidak mengambil sama sekali risiko.

Sebaliknya, laki-laki yang konservatif sebanyak 27%. Sementara itu, perempuan yang menyatakan diri agresif atau mengambil risiko lebih besar sebesar 4% sedangkan laki-laki 16%.

Dibandingkan dengan laki-laki, menurut riset tersebut, perempuan juga menyatakan kurang memiliki pengalaman investasi dibandingkan dengan laki-laki. Satu dari lima perempuan yang disurvei menyatakan mereka tidak berpengalaman sama sekali dalam berinvestasi.

Kendati demikian, riset Wells Fargo atas para kliennya menemukan bahwa perempuan cenderung mengikuti prinsip-prinsip investasi daripada laki-laki. Berikut ini sejumlah tiga kehebatan perempuan dalam hal berinvestasi:

1. Sabar

Riset tersebut menemukan bahwa perempuan melakukan trading 27% lebih jarang daripada laki-laki. Laki-laki diduga terlalu percaya diri tentang kemampuan investasi mereka.

Seperti dikutip dari riset tersebut, studi psikologi menunjukkan bahwa investor yang terlalu percaya diri cenderung percaya bahwa mereka merasa lebih tahu daripada yang mereka benar-benar tahu.

Akibatnya, investor tersebut akan melakukan trading yang lebih sering dimana hal tersebut dapat berpengaruh terhadap biaya yang mempengaruhi tingkat keuntungan.

2. Disiplin

Studi Wells Fargo menemukan bahwa perempuan cenderung memiliki pendekatan yang lebih disiplin dalam berinvestasi dimana hal tersebut berkontribusi terhadap tingkat keuntungan yang lebih kuat dibandingkan dengan laki-laki.

Di samping itu, temuan Betterment yang dikutip Wells Fargo menyatakan bahwa investor laki-laki cenderung menginvestasikan dana di saham sebanyak dua kali lipat lebih besar daripada perempuan.

Laki-laki juga enam kali lebih mungkin membuat perubahan alokasi yang masif, misalnya, memindahkan dana dari 100% saham ke 100% obligasi atau sebaliknya.

3. Kemauan Belajar

Studi Wells Fargo menemukan bahwa perempuan lebih mungkin untuk mencari pendidikan dan saran dari pakar investasi (investment professional). Dari survei tahun 2018 yang dilakukan Wells Fargo, lebih dari separuh perempuan dilaporkan bekerjasama dengan penasihat keuangan personal, dibandingkan dengan 40% laki-laki.

Pengalaman Perempuan

Bagaimana pengalaman perempuan dalam mengelola keuangan di masa kenormalan baru seperti pada saat ini? PT Pegadaian (Persero) menggelar webinar bertajuk "Wujudkan Mimpi dengan Emas" pada 9-10 September 2020 dengan pembicara para public figure yang semuanya adalah perempuan.

Dalam webinar tersebut, kita dapat mendengarkan pengalaman para perempuan mengelola keuangan. Webinar tersebut dapat diikuti secara gratis dengan mendaftar di sini. Berikut ini daftar pembicara webinar tersebut:

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login