Investasi

RANS Entertainment Bakal IPO? Ini Fakta yang Perlu Kamu Tahu

Grup perusahaan yang bergerak di bidang hiburan milik Raffi Ahmad, RANS Entertainment, dikabarkan mulai menyusun jalan untuk melantai di bursa alias IPO (initial public offering). Raffi menyampaikan dalam sebuah podcast bersama Sandiaga Uno, bahwa membawa RANS Entertainment ke bursa adalah salah satu mimpinya. 

Raffi meyakini bahwa peluang industri digital di masa depan terbuka lebar. Apalagi masyarakat mulai bergeser ke media digital. 

Tak cuma IPO, Raffi dan manajemen RANS Entertainment juga bersiap melakukan sejumlah ekspansi usaha. Apa saja rencana RANS Entertainment ke depan? Bagaimana prospek bisnis industri hiburan? Big Alpha mengulas sejumlah fakta menarik tentang RANS Entertainment berikut ini. 

1. Rencana IPO RANS Entertainment

Keinginan Raffi untuk mewujudkan IPO RANS Entertainment dipertegas melalui pernyataannya di konferensi pers berjudul 'Babak Baru RANS Entertainment' pada akhir Oktober 2021. 

"Pelan-pelan berkembang, yang penting kita bahagia. [Soal IPO) pokoknya yang terbaik lah. Yang penting ujung-ujungnya bahagia," kata Raffi saat ditanya media mengenai rencana IPO.

Optimisme Raffi dalam melakukan IPO bukan tanpa alasan. Menurutnya, RANS Entertainment sudah cukup banyak memiliki lini usaha termasuk media, hiburan, gaya hidup, olahraga, serta usaha kuliner. 

2. Grup Emtek Berinvestasi di RANS Entertainment

Prospek bisnis RANS Entertainment diyakini semakin membesar menyusul keputusan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) untuk ikut berinvestasi di sana. Kemitraan antara RANS dan Emtek akan diwujudkan melalui penayangan sejumlah program hiburan di platform milik masing-masing. 

Apalagi Emtek sendiri memiliki anak usaha yang bergerak di bidang media. Hal ini selaras dengan core business RANS yang juga fokus ke hiburan dan media digital. 

Kendati begitu, pihak Emtek belum mau membocorkan berapa nilai investasi yang digelontorkan untuk RANS. Satu hal yang pasti, Raffi masih memiliki saham mayoritas RANS. 

3. Lini bisnis RANS Entertainment

RANS Entertainment memang berkembang cukup pesat. Barangkali sebagian besar dari kita hanya mengetahui Raffi dan Nagita sebagai Youtuber saja. Padahal, RANS Entertainment yang mereka bangun sudah merambah ke banyak sektor bisnis. 

Beberapa anak usaha di bawah bendera RANS adalah RANS Music, RANS Animation Studio, RANS Esport, Power Ranger, Toko Mama Gigi (live-commerce), RANS Cilegon FC, RANS PIK Basketball, RANS Carnival, dan RANS The World. 

4. Market RANS jumbo

Bicara soal pangsa pasar, RANS punya hal itu dengan angka yang fantastis. RANS Entertainment sudah memiliki lebih dari 108 juta pengikut di berbagai social media platform mereka, termasuk Youtube, Instagram, TikTok, dan Facebook. RANS Youtube Channel juga menduduki posisi channel keluarga paling besar se-Asia dengan jumlah tontonan lebih dari 4 miliar views.

5. Kaesang, putra Jokowi, menjabat Komisaris RANS 

Satu fakta baru terungkap lewat konferensi pers yang berlangsung akhir Oktober 2021. Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, ternyata menjabat sebagai komisaris dari RANS Entertainment. 

Masuknya Kaesang ke RANS otomatis menambah deret portofolio bisnis Kaesang. Selain memiliki klub bola Persis Solo, Kaesang juga dikenal lebih dulu sebagai pengusaha kuliner. Beberapa bisnis kulinernya termasuk Sang Pisang, Yang Ayam, Siap Mas, Let's Toast, dan Mangkokku. 

 

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login