Pilih Mana, Beli Rumah atau Mobil Dulu?

[Waktu baca: 5 menit]

Di Indonesia, baik di kota-kota besar atau kota yang lebih kecil, para pekerja biasanya memiliki keinginan untuk memiliki dua harta berupa rumah dan mobil.

Sesuai fungsinya, rumah digunakan untuk tempat tinggal bahkan tempat usaha. Rumah adalah salah satu dari tiga kebutuhan dasar yang sejak dulu dikenal masyarakat Indonesia yaitu pangan (makanan), sandang (pakaian) dan papan (rumah).

Sementara itu, mobil digunakan sebagai alat transportasi untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Bukan hanya digunakan untuk keperluan non-komersial, mobil juga dapat digunakan untuk kepentingan komersial.

Dua harta tersebut menjadi impian banyak orang bukan hanya karena fungsinya tapi juga status sosial hingga gengsi yang dibayangkan ketika memilikinya. Namun, harga dari dua aset tersebut tidaklah murah.

Bagi sebagian orang, memiliki dua harta tersebut membutuhkan usaha yang besar selama bertahun-tahun. Di samping itu, sebagian orang terkadang memiliki pilihan untuk membeli salah satu dari dua aset itu terlebih dulu. Beli mobil dulu atau rumah dulu?

Tentu saja, setiap orang memiliki pandangannya masing-masing untuk menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan kondisi finansialnya. Jawaban seseorang bisa berbeda dengan jawaban orang lain walaupun orang-orang tersebut memiliki pekerjaan yang sama di kota yang sama.

Kendati demikian, ada sejumlah hal yang dapat menjadi pertimbangan sebelum memutuskan membeli mobil atau rumah terlebih dulu. Ini pertimbangannya:

1. Kemampuan Finansial

Kemampuan finansial menentukan aset apa yang dapat dibeli seseorang. Bagi sebagian orang, harga rumah dan mobil tidaklah murah. Tidak sedikit orang yang rela dan merasa perlu berutang selama bertahun-tahun supaya dapat membeli mobil dan rumah.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) biasanya berjangka waktu belasan hingga puluhan tahun, sementara itu Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) biasanya berjangka waktu kurang dari 10 tahun.

Apakah membeli mobil atau rumah terlebih dulu, seseorang harus memastikan memiliki kemampuan untuk membayar uang muka dari rencana kredit tersebut sekaligus membayar cicilan setiap bulan selama bertahun-tahun.

2. Rencana Hidup

Rencana hidup seringkali menentukan dimana seseorang akan tinggal dalam jangka waktu tertentu. Apakah kita akan tinggal di kota X hingga 10-20 tahun mendatang atau hanya tinggal hingga 2 tahun ke depan saja?

Rencana tinggal dan membangun kehidupan di sebuah daerah dalam jangka waktu lama dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli aset seperti rumah atau mobil terlebih dulu. 

Seseorang yang berencana tinggal di sebuah daerah hanya dalam jangka waktu pendek bisa saja memilih membeli mobil terlebih dulu daripada rumah karena mobil tersebut bisa dibawanya ketika pindah ke daerah lain.

Namun, seseorang yang memutuskan untuk membangun kehidupan dalam jangka panjang di sebuah daerah bisa saja memilih rumah terlebih dulu ketimbang mobil sebagai tempat tinggal permanennya.

3. Nilai Aset

Perubahan nilai aset di masa mendatang juga dapat menjadi pertimbangan seseorang sebelum memutuskan membeli rumah atau mobil terlebih dulu. Pada umumnya, perubahan harga rumah dan mobil memiliki arah yang berbeda.

Secara umum, harga rumah cenderung meningkat di kemudian hari sedangkan harga mobil cenderung menurun. Harga mobil cenderung turun karena berbagai faktor seperti keluarnya model mobil yang lebih baru, kondisi mobil yang tidak lagi seprima dan sebagus seperti saat masih baru hingga model mobil yang sudah tidak lagi diminati.

Sementara itu, harga rumah relatif terus meningkat karena berbagai faktor seperti tanah yang semakin langka terutama di kota besar, jumlah penduduk yang terus bertambah dari waktu ke waktu hingga inflasi atau peningkatan harga-harga, termasuk harga bahan bangunan.

4. Aset Produktif

Penggunaan aset menjadi sesuatu yang produktif atau memberikan pendapatan bagi pemiliknya barangkali juga bisa menjadi salah satu pertimbangan sebelum memutuskan membeli rumah atau mobil terlebih dulu.

Berdasarkan pengalaman, sebagian orang memutuskan untuk membeli mobil terlebih dulu dengan alasan mobil tersebut bisa memberikan penghasilan yang dapat digunakan untuk membiayai kehidupan sehari-hari. 

Misalnya, mobil tersebut digunakan untuk taksi online atau rental mobil. Setelah itu, sebagian penghasilan dari pendapatan tersebut digunakan untuk mengangsur cicilan pembelian rumah. 

5. Alternatif

Sebagian orang bisa saja memilih untuk membeli rumah terlebih dulu daripada mobil karena adanya pilihan lain yang dianggap lebih efisien dan efektif berupa transportasi umum yang memadai di tempat tinggalnya. 

Sebagian orang lainnya memilih pilihan lain seperti membeli mobil terlebih dulu karena berpikir lebih baik menyewa atau mengkontrak rumah di dekat tempat kerja daripada membeli rumah yang jaraknya jauh. Berbagai alternatif ini juga perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli rumah atau mobil terlebih dulu.

Leave a Comment

You need to sign in before leave a comment. Fields marked with an * are required.

Sign in

Subscribe To Big Alpha

Subscribe now and get exclusive news, advisory and more.