Personal Finance

Mau Pelihara Hewan, Biaya Apa Saja yang Disiapkan?

[Waktu baca: 3 menit]

Salah satu kegemaran masyarakat di berbagai negara, termasuk Indonesia, adalah memelihara hewan peliharaan seperti anjing, kucing, burung, ikan, kelinci dan sebagainya di rumah. 

Bagi sebagian orang, hewan peliharaan dianggap sebagai "teman" di tempat tinggal. Keberadaan hewan peliharaan tersebut memberikan perasaan senang tersendiri kepada pemiliknya. Sebagian orang juga menganggap keberadaan hewan peliharaan mengusir perasaan sepi.

Namun, memiliki hewan peliharaan membutuhkan biaya tersendiri. Pemilik perlu merogoh kocek untuk sejumlah keperluan hewan peliharaannya tersebut. Di sisi lain, permintaan terhadap berbagai produk atau jasa untuk hewan peliharaan ini membuka peluang bisnis bagi pet shop, dokter hewan dan sebagainya.

Tentu saja, besaran biaya tersebut bervariasi. Pengeluaran yang dikeluarkan seorang pemilik hewan akan berbeda dengan biaya yang dirogoh pemilik hewan lainnya karena perbedaaan kemampuan.

Secara umum, berikut ini sejumlah keperluan yang dibutuhkan ketika memelihara hewan seperti kucing atau anjing:

1. Biaya Makanan

Sama seperti manusia, makanan (serta minuman) adalah kebutuhan dasar hewan peliharaan. Sebagian orang memberi makan hewan peliharaannya dengan makanan manusia, namun ada pula pemilik hewan yang membelikan makanan khusus hewan.

Pada saat ini, makanan hewan, kucing misalnya, mudah ditemui di supermarket atau pasar hewan. Dalam berbagai ukuran, makanan kucing itu dijual untuk berbagai kelompok umur (biasanya 2 sampai 12 bulan dan lebih dari 1 tahun).

Pemilik perlu berhitung mengenai anggaran makanan tersebut. Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga membutuhkan makanan setiap harinya dan tidak selalu dapat mencarinya sendiri sehingga perlu disediakan. Dalam jangka panjang, makanan adalah salah satu anggaran yang cukup besar yang perlu disiapkan pemilik hewan.

2. Biaya Kandang

Sebagian pemilik melepas hewan peliharannya di dalam rumah atau di luar rumah, namun sebagian lainnya membutuhkan kandang sebagai tempat peristirahatan hewan tersebut. Jenis kandang bagi hewan peliharaan kini sangat bervariasi. Sebagian orang bahkan memilih untuk membuat kandang tersendiri karena dianggap lebih murah.

Selain kandang, sebagian hewan peliharaan membutuhkan tempat untuk membuang air atau yang biasa disebut sebagai litter box. Bagi kucing misalnya, litter box tersebut perlu diisi pasir. Litter box berisi pasir itu biasanya disediakan pemilik yang memiliki kucing yang berdiam di dalam rumah.

3. Biaya Kesehatan

Tidak ada salahnya pemilik hewan peliharaan turut memikirkan kesehatan hewan peliharannya. Salah satu biaya yang lazim dikeluarkan oleh pemilik hewan peliharaan, anjing misalnya, adalah untuk vaksin. Vaksin biasanya diberikan kepada anjing supaya ia tidak mudah terkena penyakit.

Selain vaksin, ada pula biaya kesehatan lain yang tidak terduga bagi hewan peliharaan. Misalnya, hewan peliharaan tersebut mengalami sakit atau kecelakaan yang perlu mendapatkan perawatan oleh dokter hewan. Oleh karena itu, biaya tidak terduga perlu dipikirkan oleh pemilik hewan.

4. Biaya Mainan/Aksesoris

Bagi sebagian pemilik kucing, mainan atau aksesoris adalah benda yang dibutuhkan untuk melengkapi kegembiraan memelihara hewan. Aksesoris itu bisa berupa kalung hingga baju khusus yang dipakai pada saat-saat tertentu Sementara itu, mainan dapat berupa boneka tulang untuk anjing atau pancingan untuk kucing.

5. Biaya Perawatan

Sebagian pemilik kucing gemar merawat hewan peliharannya dengan berbagai perawatan seperti grooming d salon khusus. Dengan perawatan tersebut, kucing akan dipotong kukunya, dibersihkan telinganya, dirawat bulunya dan sebagainya.

Sebagian pemilik kucing lainnya merogoh kocek untuk membeli sampo khusus, sisir atau potong kuku untuk melakukan perawatan secara swadaya hewan peliharaan kesayangannya tersebut.


 

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login