Ini 10 Aplikasi Nonton Film dan Serial Streaming Paling Populer 2021

Dika Aksara

Pandemi Covid-19 membuat banyak hal berubah. Salah satunya, kebiasaan masyarakat dalam menikmati sajian film atau serial. 

Jika sebelumnya kita terbiasa nonton film di layar bioskop atau serial di televisi, kini sudah lumrah nonton film dan serial secara legal melalui berbagai aplikasi video on demand. 

Jika dulu kita enggak puas nonton film dengan layar kecil, kini nyaman-nyaman aja tuh nonton film di layar ponsel atau tablet. 

Nah, pergeseran kebiasaan dalam menikmati hiburan film dan serial ini membuat pelanggan aplikasi video on demand atau aplikasi streaming film makin laris manis. 

Dengan modal gadget dan biaya langganan, kita sudah bisa menonton tayangan film atau serial favorit. Nah, apa saja sih aplikasi nonton dan streaming film paling populer di Indonesia? Berapa biaya langganannya? Bih Alpha merangkumnya untuk kamu. 

1. Netflix

Sepertinya nggak salah kalau kita menempatkan Netflix di posisi pertama sebagai aplikasi streaming film paling populer. Tentu kita belum lupa bagaimana serial asal Korea Selatan, Squid Game, ramai jadi perbincangan. 

Serial tersebut sukses menarik minat masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Squid Game merupakan serial orisinal yang diproduksi oleh Netflix. 

Netflix memang mulai gencar memproduksi film dan serialnya sendiri, di samping tetap membeli lisensi ribuan judul lainnya. 

Di Netflix, kamu tak cuma bisa nonton serial dan film saja, tetapi juga dokumenter dan acara komedi stand-up spesial pemenang penghargaan. 

Biaya langganan Netflix:

Rp54.000 hingga Rp186.000 per bulan. 

2. VIU

Dengan konsep yang sama dengan Netflix, VIU juga punya basis pasar yang luas. Namun berbeda dengan Netflix, VIU memilih untuk fokus menyajikan serial Asia, khususnya Korea Selatan. Ingat serial Penthouse yang saking larisnya sampai dibuat 3 season? Nah, judul itu bisa disaksikan di VIU. 

VIU juga menyajikan sejumlah judul drama Korea yang sedang siar di Korea Selatan secara simultan. Menariknya, judul-judul tersebut ditayangkan hanya 8-24 jam dari siaran perdana di Korea Selatan. 

Biaya langganan VIU:

Mulai Rp2.000 per hari, Rp8.000 per 5 hari, hingga Rp29.000 per bulan. Besaran biaya beragam tergantung paket yang ditawarkan sejumlah provider. 

3. iQIYI

Satu lagi aplikasi streaming drama Asia yang cukup populer, iQIYI. Aplikasi ini semakin menarik minat karena mulai menawarkan beragam judul drama Korea paling populer. Bahkan saat ini iQIYI menjadi platform penyiar drama Korea, Jirisan, yang dibintangi sejumlah nama beken aktor dan aktris Korea Selatan. 

Biaya langganan iQIYI sekitar Rp99.000 per bulan. 

4. Disney+

Siapa sih yang enggak kenal Disney? Nah, produsen animasi anak-anak ini mulai bermain cukup pintar dengan beralih ke layanan digital. Lewat Disney+, kita bisa menyaksikan beragam film dan serial produksi Disney, Pixar, National Geographic, dan lainnya. 

Menariknya, sejumlah film dan series Marvel juga ditayangkan lewat Disney+. Secara umum, tayangan di Disney+ memang cocok banget untuk anak-anak dan remaja. Tapi jangan salah, banyak judul-judul menarik yang juga menarik buat ditonton pemirsa dewasa. 

Biaya langganan Disney+ Hotstar:

Paket langganan bisa dibeli melalui Telkomsel dengan biaya mulai Rp20.000 per bulan hingga Rp139.000 untuk satu tahun. 

5. HBO GO

Aplikasi yang satu ini juga cukup populer. Apalagi nama HBO sendiri sudah cukup besar sebelumnya sebagai salah satu produsen film dan serial top dunia. HBO GO sendiri merupakan alih layanan digital dari channel TV kabel HBO. 

Semua judul yang biasa tayang di HBO pun bisa ditonton di HBO GO. Termasuk, judul-judul film DC Comics. Salah satu judul yang sedang cukup hangat diperbincangkan adalah serial Inggris Mare of East Town yang dibintangi aktris Kate Winslet. 

Biaya langganan HBO GO:

Paket langganan HBO GO bisa dibeli lewat bundling Maxstream Telkomsel, mulai Rp69.000 per bulan. 

6. WeTV

Aplikasi yang satu ini juga sedang naik daun karena rajin menayangkan serial Indonesia dengan kualitas ciamik. Serial yang ditayangkan WeTV punya kualitas yang lebih baik ketimbang sinetron yang bisa kita tonton di televisi. Salah satu yang sedang naik daun saat ini adalah Little Mom yang dibintangi Natasha Wilona, Al Ghazali, Teuku Rassya, dan Elina Joerg. 

Selain serial Indonesia, WeTV juga menayangkan serial Asia lain termasuk drama China dan Korea. 

7. Youtube

Nah, aplikasi yang satu ini pasti ada di setiap ponsel kita. Platform streaming video inilah yang melejitkan profesi vlogger, youtuber, atau content creator. Lewat Youtube, kita bisa menonton beragam video, seperti musik, cuplikan film, film pendek, podcast, dan lainnya. 

Biasanya kita menikmati Youtube dengan layanan basic alias gratis. Konsekuensinya, kita perlu bersabar dengan iklan yang bertebaran. Kalau ga mau nonton iklan, Youtube menyediakan fitur premium. 

Biaya langganan Youtube premium:

Untuk individu dimulai Rp59.000 per bulan dengan free trial untuk 1 bulan pertama. 

8. Vidio

Layanan streaming ini punya Indonesia. Tayangan yang disajikan tentu saja beragam judul film dan serial Indonesia. Vidio juga menyajikan beragam pertandingan olahraga, seperti Liga 1, Serie A, La Liga, dan judul film barat.

Biaya langganan Vido:

Dimulai Rp19.000 untuk 1 minggu, hingga Rp199.000 untuk 1 tahun. 

9. MAXStream

Aplikasi VoD yang satu ini merupakan salah satu layanan khusus dari Telkomsel. Biasanya, biaya berlangganannya sudah termasuk dalam paket bundling dalam pembelian paket data Telkomsel. Tarif terpisah juga tersedia di aplikasi Telkomsel. 

Maxstream sendiri merupakan satu aplikasi penampung sejumlah layanan VoD terkenal, seperti Catchplay, HBO GO, HOOQ, Nickelodeon Play, dan VIU. Jenis video yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari serial, film, hingga dokumenter. 

Biaya langganan MAXStream:

Mulai Rp69.000 per bulan untuk tontonan HBO GO, iFlix, VIU, dan Vidio

10. Mola TV

Buat kamu yang demen nonton pertandingan sepak bola Euro, layanan streaming ini cocok banget. Mola TV memang fokus pada siaran pertandingan olahraga, khususnya UEFA Euro. 

Paket langganan Mola TV:

MulaiRp33.000 per bulan. 

 

Bisnis