Investasi

Hary Tanoe Ikutan Masuk Bank Digital, Kantongi Izin dari OJK

[Waktu baca: 3 menit]

Bank MNC Internasional, bank yang dikuasai oleh taipan dan politisi Hary Tanoesoedibjo melalui MNC Kapital, ikut memeriahkan persaingan bank digital di Indonesia.

Dalam keterangan resmi yang dirilis oleh manajemen pada Kamis, 27 Mei 2021, bank dengan kode saham BABP itu telah mendapatkan izin digital onboarding dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan izin ini, nasabah dapat membuka rekening simpanan di MNC Bank secara online (digital) tanpa perlu ke kantor cabang. 

Layanan perbankan digital tersebut akan diusung dengan nama MotionBanking. Selain menjangkau pengguna dalam negeri, MotionBanking juga membidik masyarakat Indonesia di luar negeri. 

Dengan layanan pembukaan rekening secara digital, pertumbuhan MNC Bank tidak lagi bergantung pada kantor cabang fisik, sehingga layanan perbankan dapat diakses dimanapun dan kapanpun juga.

MotionBanking berencana meningkatkan layanannya untuk mengaktifkan fungsi e-money, e-wallet, transfer digital, poin loyalitas, dan QRIS, menyajikan pembayaran billing dan pembelian dalam aplikasi secara nyaman, serta menawarkan pelayanan perbankan digital yang lengkap bagi penggunanya.

Menurut penjelasan manajemen Bank MNC, kombinasi rekening tabungan dan kartu kredit dalam MotionBanking, memungkinkan penggunanya untuk membayar cicilan kartu kredit dari rekening tabungan mereka dengan mudah, mengurangi risiko cicilan, serta meningkatkan kualitas kredit dan pengalaman pengguna.

Salah satu strategi MotionBanking untuk menumbuhkan bisnisnya adalah dengan memanfaatkan ekosistem MNC Gorup dengan jumlah pengguna yang besar. Ekosistem itu antara lain lebih dari 9 juta pelanggan TV berbayar yang telah terdaftar, dengan tambahan 3-4 juta pelanggan baru setiap tahun, lebih dari 63 juta Monthly Active User (MAU) dari layanan Over The Top (OTT) seperti RCTI+ & Vision+ dan sebagainya.

Sebagai bagian dari rencana pengembangan tersebut, Bank MNC berencana melakukan aksi korporasi berupa right issue dan private placement pada Agustus 2021. Right issue itu akan menawarkan 14,2 miliar lembar saham dan private placement menawarkan 2,5 miliar lembar saham. Rencana kedua aksi korporasi tersebut akan diputuskan pemegang saham pada RUPSLB 9 Juni 2021.

Keberadaan MotionBanking milik Bank MNC akan meramaikan persaingan bank digital di Indonesia yang kini telah diisi oleh sejumlah bank. Simak ulasan kami mengenai lanskap bank digital di Indonesia dalam artikel berikut: Medan Pertarungan Bank Digital di Indonesia.

Tags in: Saham

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login