Personal Finance

Cari Rumah Harga Miring? Cek Daftar Lelang Rumah Berikut

[Waktu baca: 3 menit]

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer yang menjadi incaran oleh banyak orang. Namun, dari tahun ke tahun, harga rumah terus meningkat bahkan hingga tidak terjangkau oleh banyak kalangan di Indonesia.

Tidak sedikit pembeli rumah kemudian memilih menggunakan fasilitas pinjaman dari bank atau sumber lainnya untuk membeli rumah mengingat harga rumah yang relatif tidak murah. Sebagian dari mereka rela berutang belasan hingga puluhan tahun supaya bisa membeli rumah tersebut.

Dalam situasi itu, opsi rumah murah atau yang ditawarkan dengan harga lebih rendah dibandingkan dengan harga pasarnya memikat para calon pembeli rumah. Salah satu opsi rumah yang biasanya ditawarkan dengan harga lebih murah adalah rumah lelang.

Rumah lelang adalah rumah hasil sitaan bank dari nasabah bank yang tidak sanggup melunasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Setiap bank yang memiliki produk KPR biasanya memiliki daftar rumah lelang yang kemudian ditawarkan kepada para "pemburu" rumah.

Lelang itu biasanya diselenggarakan di KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) yang tersebar di seluruh Indonesia. Berikut ini sejumlah situs lelang rumah yang dikelola oleh sejumlah bank:

1. Info Lelang BRI

BRI memiliki situs bernama Info Lelang BRI di https://infolelang.bri.co.id/ yang menyajikan informasi mengenai berbagai jenis aset, termasuk rumah tinggal, yang dijual melalui mekanisme lelang atau jual damai dengan lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berdasarkan penjelasan di situs tersebut, lelang merupakan penjualan barang yang terbuka untuk umum dengan penawaran harga secara tertulis/lisan dimana harganya dapat semakin meningkat atau menurun untuk mencapai harga tertinggi. Penjualan itu akan didahului dengan Pengumuman Lelang.

Sementara itu, aset dengan status dijual damai berarti transaksi jual beli tersebut dilakukan berdasarkan kesepakatan antara pemilik aset dengan calon pembeli.

2. Rumah Murah BTN

Bank spesialisi kredit perumahan, BTN, memiliki situs bernama Rumah Murah BTN dengan alamat https://rumahmurahbtn.co.id/ yang menampilkan aneka agunan yang siap dijual dengan mekanisme lelang atau mekanisme lain.

Portofolio/agunan yang ditampilkan di situs Rumah Murah BTN tersebut mencakup rumah, tanah, apartemen, bangunan dan lainnya. Website ini menampilkan dua kategori rumah yaitu rumah bekas (rumah yang dijual secara sukarela) dan rumah lelang (rumah yang dijual melalui prosedur lelang di KPKNL).

3. Lelang Agunan BNI

Bank BUMN yang lain yaitu BNI memiliki portal dengan alamat https://lelangagunan.bni.co.id yang menampilkan informasi mengenai rumah yang dijual dengan mekanisme penjualan langsung ataupun mekanisme lelang.

Dalam situs ini, para pencari rumah lelang dapat mencari rumah berdasarkan lokasi yang diinginkan. Portal ini menampilkan informasi aset seperti rumah, apartemen, gudang dan sebagainya.

4. Lelang Bank Mandiri

Salah satu bank terbesar di Indonesia yaitu Bank Mandiri juga memiliki portal dengan alamat https://lelang.bankmandiri.co.id/ yang menampilkan informasi properti/agunan siap jual baik melalui pelelangan ataupun penjualan sukarela.

Situs ini menampilkan berbagai agunan seperti rumah, tanah, apartemen dan sebagainya. Pelaksanaan lelang itu dilakukan di KPKNL di berbagai kota di Indonesia.

 

Ikuti terus analisa emiten dengan bahasa sederhana dan ulasan mendalam mengenai pasar modal dengan cara mendaftar di premium content. 

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login