Personal Finance

Cara Daftar Kartu Prakerja: Tahapan, Syarat, dan Manfaat 2021

[Waktu baca: 5 menit]

Program kartu prakerja semakin diminati masyarakat, khususnya bagi para pencari kerja, pekerja yang menjadi korban PHK, atau pekerja yang memang ingin meningkatkan kompetensinya. 

Adanya pandemi Covid-19 pun semakin meningkatkan minat masyarakat terhadap kartu pakerja. Ekonomi yang terpukul akibat pandemi, membuat jutaan pekerja terkena PHK. Pengangguran pun meningkat dan membuat pamor program kartu prakerja ikut terdongkrak.

Kondisi tersebut otomatis membuat seleksi penerimaan program kartu prakerja semakin ketat. Jutaan orang pun berlomba-lomba mendapat insentif senilai total Rp 3,55 juta. Catatan pemerintah, jumlah peserta program kartu prakerja sepanjang 2020 lalu mencapai 5,6 juta orang. 

Angka ini terus bertambah hingga tahun 2021 ini. Program kartu prakerja kini telah mencapai gelombang 13. Kesempatan masih terbuka lebar untuk kamu yang berminat mendapat insentif dan pelatihan melalui program kartu prakerja. 

Lantas bagaimana cara mendaftar kartu prakerja? Apa saja syaratnya? Apa manfaat yang didapat? Yuk simak artikel Big Alpha berikut ini.

Apa Itu Program Kartu Prakerja?

Pada prinsipnya, program kartu prakerja merupakan program unggulan pemerintah pusat untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan masyarakat. Sasarannya adalah pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang butuh peningkatan kompetensi terutama pelaku UMKM. 

Dari penjelasan di atas bisa disumpulkan bahwa program kartu prakerja sebenarnya tidak hanya untuk para pencari kerja saja. Kartu prakerja juga bisa diikuti oleh buruh yang terkena PHK, pekerja yang dirumahkan, pekerja bukan penerima upah, hingga pelaku UMKM. Gampangnya nih, semua WNI berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar program kartu prakerja. 

Hanya saja, menyesuaikan dengan sifat program kartu prakerja yang berubah menjadi semi bantuan sosial, maka program ini diprioritaskan untuk pekerja yang dirumahkan akibat pandemi dan pelaku UMKM yang ekonominya terdampak pandemi. 

Tapi, ada kelompok yang tidak boleh mengikuti program kartu prakerja. Siapa saja? 
1. Pejabat negara
2. Pimpinan dan Anggota DPRD
3. ASN
4. Personel TNI
5. Anggota Polri
6. Kepala desa dan perangkat desa
7. Direksi, komisaris, dan dewan pengawasan BUMN dan BUMD

Manfaat yang Didapat dari Kartu Prakerja

Selain mendapat sertifikat sebagai bukti mengikuti pelatihan, peserta program kartu prakerja juga mendapat insentif. Tentunya insentif ini nih yang diincar oleh para pendaftar, terutama di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu. 

Manfaat program kartu prakerja, yakni insentif dengan total nilai Rp 3.550.000 per orang. Angka ini terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei (total Rp 150.000) per peserta. 

Namun yang perlu diperhatikan, setiap peserta program hanya dapat mengikuti program sebanyak satu kali. Insentif dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan. 

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Ada tiga syarat utama buat kamu yang ingin daftar kartu prakerja:
1. Warga Negara Indonesia
2. Minimal berusia 18 tahun
3. Sedang tidak menempuh pendidikan formal

Cara Daftar Kartu Prakerja

1. Buat akun kartu prakerja

  • Masuk situs prakerja.go.id
  • Pilih menu, daftar sekarang
  • Masukkan nama lengkap, email, dan password
  • Cek email kamu untuk konfirmasi akun
  • Setelah konfirmasi akun berhasil, kembali ke situs.

2. Isi data diri kamu

  • Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir
  • Isi data diri kamu dengan lengkap
  • Unggah foto selfie bersama KTP
  • Masukkan nomor telpon dan kode OTP yang dikirim ke ponsel lewat SMS

3. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online

  • Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar dengan cara klik 'mulai sekarang'
  • Jangan lupa siapkan alat tulis dan kerta untuk membantumu saat tes online selama 15 menit.

4. Setelah tes online, tunggu email pemberitahuan dari kartu prakerja

  • Apabila sudah mendapat email pemberitahuan, segera kembali ke website untuk bergabung ke gelombang pendaftaran yang tersedia. 

5. Selamat, sekarang kamu siap gunakan kartu prakerja dan memilih pelatihan yang kamu inginkan. 

Tips Diterima Kartu Prakerja

Setelah kamu menyimak dengan rinci step by step pendaftaran kartu prakerja di atas, maka kini saatnya kamu tancap gas mencoba mendaftarkan diri. Tapi sebelum ke sana, ternyata ada sejumlah tips dan trik agar peluang kamu dalam program kartu prakerja lebih besar. Apa saja?

1. Perhatikan Rincian Data Diri Saat Mendaftar

Penting diperhatikan seluruh detail data diri kamu saat mendaftar, Pastikan nama, nomor KTP, nomor KK, hingga tanggal lahir kamu sudah benar. Pastikan juga verifikasi KTP kamu sudah sesuai dan terlihat jelas agar mudah terbaca oleh sistem. 

2. Pastikan Nomor Ponsel Aktif

Pastikan kamu memasukkan nomor ponsel yang aktif dalam pendaftaran kartu prakerja. Nomor HP ini akan digunakan selama mengikuti pelatihan kartu prakerja. 

3. Maksimalkan Tes

Ingatlah bahwa pesaing kamu dalam mendaftar kartu prakerja sangat banyak. Karenanya, jangan anggap remeh tes motivasi dan kemampuan dasar yang diberikan. Memang sih, kamu boleh membawa catatan atau kertas untuk corat-coret, tapi tetap saja kamu perlu memastikan jawaban yang kamu berikan benar-benar tepat. Hindari menjawab secara acak atau ngawur. 

Itu tadi penjelasan singkat mengenai tata cara pendaftaran kartu prakerja, syarat, dan manfaat yang diterima bila kamu mendaftar kartu prakerja. Artikel di atas juga menyelipkan sedikit tips dan trik agar pendaftaran kamu sukses. 

Tunggu apa lagi, buka peluangmu untuk menjadi bagian dalam program kartu prakerja. Pemerintah telah menganggarkan triliunan rupiah tentunya untuk dimanfaatkan secara optimal oleh rakyat bukan?
 

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login