Bisnis

15 Aplikasi Penyewaan Properti Terbaik 2021

Zaman sekarang, semua-semuanya serba online. Mau pesan makanan, panggil teknisi AC ke rumah, sampe mau jual atau beli barang pun dilakukan lewat ponsel. 

Termasuk kalau kamu lagi mencari rumah untuk dihuni atau justru malah ingin menyewakan atau menjual properti milikmu. Jika dulu transaksi didominasi secara offline, terutama peran broker yang cukup besar, kini sudah tersedia banyak aplikasi yang membantu.  

Mau jual, beli, hingga sewa-menyewa rumah semuanya bisa dilakukan lewat berbagai aplikasi jual beli rumah yang dapat digunakan di smartphone. Hal ini tentu saja memudahkan kita dalam proses pencarian atau penjualan rumah tersebut.

Lantas apa saja aplikasi penyewaan properti yang terbaik? Big Alpha merangkum 15 di antaranya untuk kamu. 

1. Travelio

Salah satu aplikasi penyewaan properti yang jam terbangnya sudah tinggi adalah Travelio. Di Google Playstore saja, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna. 

Lewat Travelio, kamu bisa mencari apartemen, rumah, hingga villa yang disewakan. Periode penyewaannya terbilang fleksibel, bisa harian, mingguan, hingga bulanan. Tarifnya pun beragam, mulai dari Rp350.000 untuk sewa harian, Rp3 juta untuk sewa bulanan, hingga Rp30 juta untuk sewa bulanan.

Cakupan wilayah properti yang disewakan Travelio mencakup 25 kota di Indonesia. Tak hanya menyasar para pencari properti untuk disewa, Travelio juga menjadi wadah bagi pemilik untuk menawarkan properti mereka. 

2. Mamikos

Selanjutnya ada Mamikos yang penggunanya juga sudah cukup luas. Tidak jarang jika kamu mengetikkan kata kunci pencarian indekos lewat Google, maka sejumlah penawaran properti kos-kosan dari Mamikos akan muncul. 

Aplikasi ini juga sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play Store. Meski namanya Mamikos, namun jenis properti yang ditawarkan melalui aplikasi ini cukup beragam. Dari indekos tentunya, apartemen, hingga rumah kontrakan. 

Menariknya, lewat aplikasi Mamiko kamu bisa melakukan penyaringan atau filter pencarian dengan menyesuaikan keinginan. Misalnya kamu mencari indekos dengan lokasi, harga, durasi sewa, tipe kos, atau fasilitas tertentu. 

Mamikos juga menyediakan fitur virtual tour di properti yang ditawarkan. Fitur ini barangkali belum ada di aplikasi penyewaan properti lainnya. 

Tak cuma bagi pencari kos-kosan, pemilik properti juga bisa bergabung. Pemilik kos bisa membuat akun untuk menawarkan properti miliknya secara luas. 

3. CariKosan

Cara kerja aplikasi ini barangkali tak jauh dibanding aplikasi lain serupa. Namun menariknya, jenis properti yang ditawarkan memang lebih spesifik untuk indekos. Target pasarnya pun lebih jelas: mahasiswa-mahasiswi yang baru masuk kuliah atau para pekerja yang butuh indekos. 

Jenis properti yang ditawarkan mulai dari indekos, kontrakan petak, rumah kontrakan, apartemen, asrama kampus, dan jenis properti lainnya. Periode sewa pun bisa diatur mulai dari harian, bulanan, atau tahunan. 

4. Rumah.com

Aplikasi ini fokus pada layanan pencarian rumah atau properti lain yang dijual dan disewakan. Aplikasi Rumah.com dilengkapi dengan peta untuk memudahkan calon pembeli atau penyewa memilih properti dengan lokasi terdekat. 

Rumah.com juga menyediakan informasi rinci mengenai rumah, termasuk foto, kondisi lingkungannya, hingga informasi mengenai agen properti yang mengelolanya. Kamu bisa menghubungi agen properti langsung sebelum melakukan transaksi. 

Fitur utama yang ditawarkan aplikasi Rumah antara lain:

  • Pencarian untuk lebih dari 100 ribu properti di Indonesia. 
  • Dilengkapi built in GPS sehingga memudahkan menemukan rumah atau apartemen yang dijual dan disewakan terdekat. 
  • Pencarian secara rinci dengan menambahkan filter berupa harga, jumlah kamar, luas bangunan, hingga tahun dibangun. 
  • Opsi untuk menghubungi agen properti langsung. 
  • Fasilitas kalkulator KPR untuk memberi gambaran besaran cicilan yang perlu dibayarkan. 

5. Rumah123.com

Sama dengan aplikasi Rumah.com, Rumah123 juga berfungsi sebagai mesin pencarian properti yang dijual atau disewakan. Ada lebih dari 140.000 properti yang ditawarkan, termasuk rumah, apartemen, rumah toko (ruko), komersial, dan tanah atau lahan. 

Beberapa fitur yang ditawarkan dalam aplikasi Rumah123 antara lain:

  • Kemudahan sign in, bisa memakai akun Rumah123 atau dengan akun Facebook. 
  • Koneksi dengan agen properti secara lebih mudah. 
  • Tampilan aplikasi yang diklaim lebih bersahabat sehingga memudahkan calon pembeli memilih properti dengan mudah. 

6. Trovit Homes

Aplikasi Trovit Homes mengintegrasikan berbagai iklan rumah dan apartemen yang dijual dan disewakan dari berbagai situs yang berbeda. 

Hal ini memudahkan konsumen untuk menemukan informasi penjualan rumah tanpa harus berselancar di berbagai situs. 

Trovit Homes juga memberikan filter pencarian rumah agar sesuai dengan keinginan pembeli, misalnya menyesuaikan kota yang diinginkan, daerah sekitarnya, luas, harga, jumlah kamar tidur dan kamar mandi, hingga informasi rinci lainnya. 

Menariknya, jangkauan layanan Trovit Homes sangat luas, mencakup 46 negara dengan 16 bahasa layanan. 

Di Indonesia sendiri, rumah dan properti yang ditawarkan melalui Trovit Homes berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Bekasi, Tangerang, Depok, Semarang, Palembang, dan Makassar. 

7. DealRumah.id

Aplikasi ini tidak hanya fokus pada penawaran properti yang dijual, tapi juga melayani penjualnya sekaligus. Aplikasi DealRumah menghubungkan antara penjual dan pembeli rumah secara langsung melalui fitur chat. Jika kamu berniat menjual rumah, maka kamu bisa menjadi member secara gratis dan mengunggah iklan rumah yang dijual atau disewakan. 

Jenis properti yang ditransaksikan dalam aplikasi DealRumah termasuk rumah, tanah, apartemen, ruko, kantor, kos-kosan, hingga gudang. Melalui aplikasi ini, pembeli rumah juga bisa melakukan virtual tour untuk melihat kondisi properti. 

8. Lamudi Indonesia

Lamudi Indonesia melayani kamu yang ingin membeli, menjual, atau menyewa rumah. Lamudi merupakan platform online dua arah yang mengakomodasi kebutuhan kamu yang ingin menjual rumah, membeli, atau menyewa/menyewakannya. 

Tak hanya rumah, Lamudi juga memiliki layanan jual beli tanah atau lahan. Lamudi ternyata tidak hanya beroperasi di Indonesia saja, tapi juga di Mexico dan Filipina. 

Beberapa fitur yang ditawarkan dalam Lamudi antara lain:

  • Filter pencarian yang spesifik, seperti kisaran harga, jumlah kamar, dan kondisi fisik properti lain. 
  • Update informasi properti secara real time. 
  • Informasi yang detail dengan foto beresolusi tinggi. 
  • Opsi kontak fleksibel, kamu bisa mengirim pesan atau menelepon agen/pemilik properti langsung untuk meminta jadwal visit. 

9. 99.co

Aplikasi ini fokus pada layanan penjualan dan pembelian properti seperti rumah, apartemen, tanah, ruko, kantor, gudang, dan jenis properti lainnya. 

Kamu bisa melakukan penjualan rumah dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Aplikasi ini juga menggunakan fitur GPS sehingga memudahkan calon pembeli untuk memilih berdasarkan lokasi yang diinginkan. 

Fitur utama yang ditawarkan aplikasi 99.co antara lain:

  • Pencarian pintar dengan menambahkan beberapa filter misalnya 'masuk mobil', 'depan jalan utama', 'strategis', atau kata kunci lainnya. 
  • Pencarian detail dengan memilih lokasi, jenis rumah, rentang harga, hingga luas bangunan. 
  • Ada foto yang lengkap untuk memberi gambaran mengenai rumah atau properti yang kamu pilih. 
  • Kontak agen, kamu bisa menghubungi agen dengan cepat dan mudah. 
  • Kalkulator KPR untuk memberi gambaran besaran cicilan. 

10. OLX

OLX barangkali menjadi platform penyewaan properti yang terbesar di antara opsi aplikasi lain di dalam daftar ini. Maklum, OLX sudah menjadi pemain besar dalam jual beli produk di Indonesia sejak lama, tidak hanya untuk jual beli rumah saja tapi juga untuk produk lainnya. 

OLX sendiri adalah platform iklan baris dan marketplace online untuk rumah, motor, elektronik, baik bekas atau baru. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 30 juta pengguna lho! 

Wajar saja jika peluang kamu untuk menemukan pembeli bisa lebih besar. Menariknya, lewat OLX seorang pembeli bisa langsung berkomunikasi dengan penjual rumah tanpa perantara sehingga harga yang didapat akan lebih murah. 

11. Rumah Dijual

Sama dengan aplikasi lainnya, Rumah Dijual juga fokus pada layanan pencarian rumah atau properti yang dijual. Ada lebih dari 100.000 properti yang ditawarkan melalui aplikasi Rumah Dijual. 

Kelebihan lain dari situs yang didirikan pada tahun 2010 ini juga terletak pada komunitasnya yang aktif. Promosi dari mulut ke mulut masih bisa dilakukan.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Rumah Dijual antara lain:

  • Pencarian yang rinci menyediakan dengan filter yang ingin dicari, misalnya jenis properti, kota, harga maksimum, harga minimum, luas tanah, dan penggunaan kata kunci lainnya.
  • Kalkulator KPR, memudahkan tahu berapa besaran cicilan yang perlu dibayarkan nantinya. 
  • Ada forum diskusi, memungkinkanmu melakukan diskusi dengan penjual dan pembeli properti lainnya.  

12. Realoka

Aplikasi Realoka memfasilitasi pemasaran atau forum jual beli properti untuk semua provinsi di Indonesia, baik di perkotaan atau daerah. Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh developer perumahan, marketing properti, agen properti independen, atau pemilih yang ingin menjual propertinya secara langsung tanpa perantara. 

Calon pembeli juga diberi kemudahan dengan tersedianya filter pencarian seperti jumlah kamar tidur, parkir mobil, luas tanah, dan kisaran harga. 

Fitur yang ditawarkan Realoka dalam aplikasinya antara lain:

  • Simpan iklan ke dalam listing favorit tanpa harus login
  • Sundul iklan dalam 14 hari
  • Kalkulator KPR
  • Peta dari Google Map
  • Maksimal upload 12 foto
  • Opsi halaman pribadi untuk semua iklan
  • Kuota pasang iklan bulanan
  • Bisa dengan mudah kontak pemasang iklan melalui nomor telepon atau chat Whatsapp

13. Griyaplus

Griyaplus adalah portal jual beli dan penyewaan properti yang cukup lengkap di Indonesia. Kamu bisa memanfaatkan fitur pencarian properti seperti rumah, ruko, vila, apartemen, hotel, tanah, gudang, atau jenis properti lainnya. 

Selain melayani pembeli properti, Griyaplus juga bisa dimanfaatkan oleh pengembang properti, agen properti, atau penjual personal yang ingin menjual rumahnya secara cepat tanpa perantara. 

Beberapa fitur yang diberikan lewat aplikasi ini antara lain:

  • Pencarian yang mudah dengan filter
  • Kalkulator properti, layaknya kalkulator KPR untuk menghitung jumlah cicilan 
  • Page views, untuk tahu seberapa banyak orang yang melihat produk yang ditawarkan
  • Request info, jika kamu tertarik dengan properti yang ditawarkan, kamu bisa meninggalkan alamat email dan nomor HP yang ditujukan untuk agen properti

14. Mitula Rumah

Mitula muncul sebagai aplikasi pencarian rumah yang dijual atau disewakan. Mitula punya wilayah jangkau yang luas lho, termasuk di 41 negara dan 15 bahasa. Dalam pencarian rumah, calon pembeli bisa menambahkan filter seperti lokasi, harga, luas, jumlah ruangan, jumlah kamar, dan lainnya. 

Beberapa fitur yang ditawarkan dalam Mitula Rumah antara lain:

  • Menghubungi pengiklan secara langsung
  • Pilihan ada dalam 15 bahasa
  • Menerima email dengan informasi pencarian favorit
  • Menerima notifikasi di ponsel apabila ada rumah baru dengan kriteria yang sesuai. 

15. UrbanIndo.com

Aplikasi UrbanIndo juga cukup menarik untuk dijadikan opsi bagi kamu yang sedang mencari rumah atau properti, baik untuk jual-beli atau sewa. Aplikasi ini terkoneksi dengan GPS sehingga bisa menyesuaikan lokasi properti yang kamu inginkan. Beberapa fitur lain yang ditawarkan dalam aplikasi ini antara lain:

  • Dapat menampilkan foto dari rumah secara detail
  • Menghubungi antara calon pembeli dengan agen secara mudah
  • Kalkulator KPR untuk memudahkan calon pembeli memahami besaran cicilan


 

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login