Personal Finance

10 Aplikasi Pesan Makanan Buka Puasa 2021

[Waktu baca: 6 menit]

Bulan puasa tahun 2021 ini barangkali tidak akan jauh berbeda dengan Ramadhan tahun lalu. Pandemi virus corona yang tak kunjung usai memaksa masyarakat menahan diri untuk bepergian. Termasuk, untuk melakukan rutinitas buka puasa bersama bersama keluarga atau kerabat di luar rumah.

Apalagi pemerintah masih memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level mikro, alias tingkat desa/kelurahan. PPKM mikro ini masih berlaku untuk 20 provinsi di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dan Bali. Dengan begitu, maka kita perlu membantu pemerintah dalam meredam penyebaran virus corona dengan mengurangi mobilitas di luar rumah. 

Lalu bagaimana bagi yang berpuasa? Tentu kita ingin menikmati beragam menu berbuka yang biasanya kita beli di restoran favorit atau kedai langganan bukan. Jangan khawatir, bagi kamu yang ingin berburu makanan buka puasa, masih ada solusi yang tersedia. Kamu bisa memesan makanan buka puasa melalui beragam aplikasi pesan-antar yang tersedia di App Store atau Google Play ponsel kamu. 

Jadi, kamu cukup duduk manis di rumah, buka aplikasi pesan antar yang kamu miliki, pesan menu pilihan, bayar dengan dompet digital atau tunai, dan nantinya makanan buka puasa kamu akan diantar langsung ke rumah atau tempat tinggal. Mudah bukan? Kamu masih bisa menikmati makanan buka puasa favorit kamu tanpa meninggalkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. 

Apa saja aplikasi pesan antar makanan buat berbuka puasa 2021? Ini dia pilihannya! 

1. Gojek 

Siapa sih yang nggak kenal Gojek? Perusahaan rintisan asli Indonesia ini kini telah menjelman menjadi salah satu unicorn dengan valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS. Sejak awal berdiri, Gojek menawarkan sejumlah layanan utama yakni layanan antar penumpang alias GoRide, layanan pesan antar makanan yaitu GoFood, dan layanan antar barang alias GoSend. 

Seiring berjalannya waktu, sejumlah layanan dan fitur tambahan pun ditambahkan oleh Gojek. Tapi tetap saja, GoRide dan GoFood menjadi dua fitur yang cukup diminati oleh masyarakat. Nah, dengan fitur GoFood yang terdapat dalam aplikasi Gojek, kamu bisa memesan makanan buka puasa favorit kamu. Tenang, mitra usaha GoFood sangat banyak sehingga kamu tidak akan kehabisan pilihan menu buka puasa. 

Bagaimana cara memesan makanan puasa lewat Gojek?

Pertama, tentu kamu harus mengunduh aplikasi Gojek di ponsel kamu. Di Google Play, aplikasi Gojek sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna dengan rating 4,2 dari 5. 

Jika kamu sudah mengunduh dan mendaftar sebagai pengguna, maka kamu bisa menjelajah fitur-fitur di dalam aplikasi Gojek, salah satunya GoFood. Melalui GoFood, kamu bisa memesan beragam menu makanan. Kamu bisa menjelajah berdasarkan jenis makanannya, jarak penjual dari lokasi kamu, atau kamu bisa mencari restoran yang menawarkan diskon. 

Kamu juga bisa memesankan makanan buka puasa untuk keluarga yang tinggal di luar kota. Misalnya kamu yang sedang berada di Jakarta, bisa memesan makanan untuk keluarga yang tinggal di Jogja. Tentu, makanan harus dipesan di gerai yang ada di Jogja ya, bukan Jakarta. 

2. Grab

Selain Gojek, masyarakat Indonesia tentu sudah akrab dengan Grab. Dengan layanan yang serupa dengan Gojek, Grab juga menjadi salah satu perusahaan unicorn dengan valuasi besar. Fitur yang ditawarkan oleh Grab pun mirip-mirip dengan Gojek. Selain layanan antar penumpang, Grab juga menawarkan layanan pesan antar makanan yang bernama GrabFood.

Dengan GrabFood ini, kamu bisa memesan beragam pilihan makanan sebagai menu buka puasa. Kamu bisa mengeksplorasi pilihan makanan di GrabFood berdasarkan jenis makanannya, lokasi, atau yang tebar diskon. 

Nah dengan GrabFood ini kamu juga bisa memesankan makanan untuk saudara, kerabat, atau keluarga yang berada di kota lain. Cara pemesannya cukup mudah melalui aplikasi Grab. Kamu bisa mengunduh terlebih dulu di App Store atau Google Play. Aplikasi telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia. 

3. Shopee

Shopee bisa jadi tergolong pendatang baru dalam layanan pesan antar makanan, dibanding Gojek dan Grab. Namun fitur baru yang ditawarkan Shopee, yakni ShopeeFood berhasil menyedot perhatian masyarakat luas, terlebih dengan berbagai pilihan diskon yang tersedia. 

Gerai makanan yang bekerja sama dengan pihak Shopee pun semakin beragam, bahkan tidak jauh berbeda dengan yang bermitra dengan Gojek atau Grab. Cara pemesanannya juga cukup mudah. Kamu tinggal mengunduh aplikasi Shopee di App Store atau Google Play dan kemudian mengisi saldo Shopee Pay sebagai dompet digital pembayaran. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna. 

4. Kulina 

Dibanding ketiga aplikasi yang sudah dijelaskan di atas, Kulina memang terbilang belum dikenal secara luas oleh masyarakat. Aplikasinya sendiri sudah diunduh oleh lebih dari 50.000 pengguna dengan rating yang cukup memuaskan, yakni 4,5. 

Sistem pemesanannya sebenarnya nyaris sama dengan platform pesan antar makanan lainnya. Kulina menawarkan lebih dari 1.000 menu dari lebih dari 100 merchant. Selain mealbox untuk mekanan harian, Kulina juga menawarkan family pack, lauk, dan buah-buahan segar. 

Kulina juga menawarkan sistem pemesanan preorder, sehingga cocok buat kamu yang ingin makanan 'fresh from the oven'. Tentunya, pas untuk makanan buka puasa. 

5. FOOD.ID

Satu lagi nih pemain baru dalam penyedia platform jual beli makanan dan minuman di Indonesia. Food.id merupakan platform yang mempertemukan penjual makanan dan pembeli, prinsipnya mirip dengan empat aplikasi yang sudah dibahas di atas. Bedanya, Food.id ini lebih fokus untuk menjual berbagai keperluan masakan.

Melalui Food.id, kamu bisa memesan bahan makanan buka puasa sesuka hatimu. Mulai dari sayuran, sembako, bahan makanan, hingga daging. Di Google Play aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 50.000 pengguna dengan skor pengguna 4,3.

6. PergiKuliner

Konsep aplikasi yang satu ini sedikit berbeda dengan yang sudah dibahas di atas. PergiKuliner, yang saat ini sudah diunduh oleh lebih dari 100.000 pengguna, merupakan platform yang menyajikan beragam informasi kuliner terbaik di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya. 

Memang sih, kamu tidak bisa memesan makanan buka puasa lewat aplikasi ini. Tapi kamu jadi punya banyak referensi yang luas tentang review makanan, alamatnya, hingga jam bukanya. Kamu bisa mencari tahu informasi mengenai restoran atau makanan yang sedang cari untuk menu buka puasa bersama keluarga. 

Jika sudah menemukan satu restoran pilihan dari aplikasi ini, kamu bisa memesan makanan buka puasa lewat fasilitas pesan antar yang dimiliki restoran atau lewat aplikasi yang sudah disebutkan di atas. 

7. Foody Cari Makan

Aplikasi ini bisa dibilang masih sangat baru. Di Google Play, Fody Cari Makan baru diunduh oleh 5.000 pengguna. Namun layanan yang ditawarkan cukup menarik loh, kamu bisa memesan makanan online, baik dari warung makan atau bistro.

Ternyata Foody Cari Makan ini memadukan aplikasi OLX (marketplace di Indonesia) dengan aplikasi Zomato (aplikasi review makanan). Gabungan keduanya, jadilah Foody Cari Makan yang bisa memudahkanmu menemukan menu makanan buka puasa favoritmu. 

Apa saja sih menu makanan yang dijual melalui Foody Cari Makan? Contohnya nih, ada gado-gado, sate, martabak, warteg, siomay, batagor, aneka nasi, aneka mie, bakso, buah-buahan, makanan beku, hingga jajanan tradisional. Opsi yang cukup luas memudahkanmu menemukan makanan buka puasa favoritmu. 

8. KantunKintun

Aplikasi ini bisa jadi paling muda di antara aplikasi yang sudah dibahas di atas. Jumlah pengunduhnya di Google Play baru sekitar 1.000 orang. Tapi jangan salah, fitur yang ditawarkan ternyata cukup menarik dan tentunya memudahkanmu untuk pesan makanan buka puasa nanti. 

KantunKintun bahkan punya tagline cukup menarik 'cari makan tinggal pesan, mau jajan tinggal tekan'. Aplikasi ini, seperti dengan platform jual beli lain, menghubungkan antara penjual, pembeli, dan pengantar makanan. 

KantunKintun mengklaim platform mereka membantu plaku UMKM kuliner dan pedagang rumahan di sekitar kamu untuk tumbuh. Sekaligus, memberi peluang pekerjaan bagi para pengantar yang bergabung. 

Bingung mencari makanan buka puasa? Coba deh cek di KantunKintun!

9. Sayurbox

Platform jual beli yang satu ini bukan pemain baru. Aplikasinya sudah diunduh oleh lebih dari 100.000 pengguna. Namun sesuai dengan namanya, Sayurbox fokus menawarkan produk-produk kebutuhan harian seperti sayur, daging, dan buah-buahan segar. 

Jadi bagi kamu yang berniat memasak sendiri makanan buka puasa, bahan makanannya bisa dipesan lewat Sayurbox. 

10. Foodspot

Foodspot merupakan portal catering di Indonesia. Meski baru diunduh oleh sekitar 1.000 pengguna, namun fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Foodspot bisa membantumu memesan makanan, termasuk untuk berbuka puasa. Kamu bisa memesan nasi kotak, buffet, whole cake, coffee breaks, minuman, hampers, tumpeng, sampai makanan sehat. 

Menarik bukan? Kamu bisa memilih makanan berbuka puasa dengan banyak opsi. 

Nah, 10 aplikasi di atas bisa membantumu memesan makanan buka puasa. Jadi tidak perlu bingung lagi, cukup nyalakan ponsel, buka aplikasi pilihanmu, dan pilih menu buka puasa yang kamu inginkan. 

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login