10 Aplikasi Investasi Emas Terbaik 2021, Siap-Siap Cuan!

Dika Aksara

[Waktu baca: 5 menit]

Aplikasi investasi emas mulai banyak bermunculan di Indonesia sebagai respon semakin tingginya minat masyarakat dalam berinvestasi instrumen logam mulia tersebut. 

Harga emas yang cenderung selalu naik setiap tahunnya dan tahan terhadap gerusan inflasi membuat emas kerap digunakan sebagai aset lindung nilai. 

Kini, berinvestasi emas semakin mudah. Investasi emas tidak hanya dapat dilakukan secara offline seperti datang ke toko emas melainkan juga sudah bisa dilakukan secara online alias digital. 

Kamu bisa membeli dan menyimpan emas yang kamu beli secara online di berbagai platform aplikasi yang tersedia. Investor juga bisa menjual emas yang disimpannya melalui aplikasi yang sama. 

Apa saja aplikasi investasi emas terbaik saat ini? Ini di antaranya!

1. Pegadaian Digital 

Aplikasi Pegadaian Digital menjadi pelopor investasi emas secara online. Pegadaian juga mempromosikan layanan investasi emasnya dengan sebutan 'menabung emas'. 

Aplikasi Pegadaian Digital bisa diunduh dengan mudah melalui ponsel kamu. Di Google Playstore, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.

Biaya pembukaan rekening di Pegadaian Digital hanya Rp0 dan biaya penitipan emas juga Rp0 pada 1 tahun pertama. Pembelian saldo emas minimal sebesar Rp50.000.

2. Tokopedia Emas

Sebagai marketplace, Tokopedia ternyata juga menawarkan layanan investasi emas. Sistem penyimpanannya sama seperti saat berinvestasi emas di Pegadaian, karena layanan investasi emas di Tokopedia memang bekerja sama dengan Pegadaian. 

Sistem penyimpanannya dilakukan oleh Pegadaian sementara Tokopedia menyediakan platform investasi yang menyatu dengan marketplace. 

Investasi emas bisa dilakukan langsung lewat aplikasi Tokopedia dengan minimal top up yang cukup rendah, yakni Rp 5.000. Besaran top up ini nantinya akan dikonversikan ke berat emas sesuai dengan harga beli saat transaksi. 

Apakah emas yang kita investasikan di Tokopedia ada back up fisiknya? Pihak Tokopedia menjamin seluruh emas yang dibeli dan diinvestasikan konsumen disimpan di Pegadaian. 

Jual beli emas lewat aplikasi Tokopedia juga sangat mudah dan cepat. Investasi emas di Tokopedia cukup likuid dan bisa dicairkan kapanpun saat kamu butuh dana segar. 

3. Shopee

Sama dengan Tokopedia, Shopee juga menawarkan opsi investasi emas batangan melalui aplikasinya. Shopee juga menggandeng Pegadaian yang melakukan sistem penyimpanan emasnya. 

Investasi emas di Shopee pun bisa dilakukan dengan sangat mudah dan dengan nominal top up yang cukup kecil. Jual beli emas juga bisa dilakukan dengan cepat, disesuaikan dengan harga jual dan beli emas di Pegadaian saat transaksi dilakukan. 

4. Pluang

Pluang adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya melakukan investasi emas secara online hingga investasi mata uang kripto atau cryptocurrency. Pluang terafiliasi dengan layanan aplikasi lain seperti Gojek (GoInvestasi), Bukalapak (BukaEmas), dan DANA (Dana e-Mas). 

5. Indogold

Investasi emas juga bisa dilakukan di aplikasi Indogold. Indogold sendiri adalah perusahaan investasi yang sudah beroperasi sejak 1978. Indogold menawarkan opsi menabung emas hanya dengan modal Rp 10.000 saja. 

Investasi emas di Indogold bisa dicairkan dalam bentuk tunai (buyback) atau dicetak dalam bentuk emas batangan murni yang diproduksi oleh Antam atau UBS. Pembayaran investasi emas bisa dilakukan melalui berbagai dompet digital seperti OVO, Gopay, Link Aja, Shopee Pay, Dana, hingga KlikBCA. 

6. E-Mas

Aplikasi ini punya slogan 'Invest in Gold, Pay with Gold'. Investasi emas bisa dilakukan dari nominal terkecil Rp 10.000 di aplikasi E-Mas. Bahkan investor juga bisa melakukan transfer emas ke akun lainnya, dimulai dari berat 0,02 gram. Tentu saja, transfer dilakukan antar-akun di aplikasi E-Mas. 

Aplikasi E-Mas juga memberikan kemudahan bagi investor untuk memantau pergerakan harga emas setiap harinya. Dengan begitu, investor bisa punya gambaran yang pas kapan membeli dan menjual emasnya.  

7. BukaEmas

BukaEmas adalah layanan investasi emas yang disediakan oleh Bukalapak, salah satu marketplace terbesar di Indonesia sekaligus salah satu unicorn di Tanah Air. 

Investasi emas di BukaEmas bisa dilakukan dengan nominal yang paling rendah dibanding platform lainnya, yakni Rp 100 perak atau sekitar 0,0001 gram emas batangan. 

BukaEmas juga menjalin kerja sama dengan Indogold dan Antam untuk memastikan adanya back up emas fisik dari setiap investasi emas yang dilakukan di aplikasi ini. 

Jual beli emas di BukaEmas juga bisa dilakukan dengan mudah. Menjual emas bahkan bisa dilakukan mulai 0,0001 gram saja, disesuaikan dengan harga emas saat transaksi dilakukan. 

8. Lakuemas

Investasi emas di Lakuemas bisa dilakukan dengan cukup sederhana. Fitur yang disediakan antara lain:

  • Beli emas secara online
  • Pilihan minimal pembelian Rp 50 ribu atau 0,1 gram
  • Transfer emas ke pengguna Lakuemas lainnya
  • Jual emas online
  • Cetak fisik emas batangan

9. Tamasia

Investasi emas di aplikasi Tamasia bisa dilakukan dengan nominal terendah Rp 10.000. Seluruh emas yang diinvestasikan diklaim telah di-backup dengan emas fisik.  Tamasia juga menawarkan opsi transfer emas ke sesama pengguna mulai dari 0,02 gram.

10. DANA eMAS

DANA eMAS adalah salah satu layanan investasi emas di dompet digital DANA. Kamu bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp10.000. Pengguna DANA yang hendak memanfaatkan fitur ini harus memperbarui akun DANA menjadi DANA premium terlebih dulu dengan syarat KTP dan foto diri.

Dalam layanan DANA eMAS ini, DANA bekerja sama dengan Pluang yang berada di bawah PT PG Berjangka sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Emas tersebut disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Tags:

Investasi