Investasi

Ramai IPO Awal Juli 2020, Ini Profil 4 Emiten Baru

[Waktu baca: 2 menit]

Tidak seperti awal Juli 2019 yang relatif sepi aksi korporasi, tujuh hari pertama pada Juli 2020 diisi dengan empat penawaran umum perdana saham (IPO) di Bursa Efek Indonesia.

Perusahaan yang melepas sahamnya kepada publik itu antara lain PT Pradiksi Gunatama Tbk. (PGUN), PT Boston Furniture Industries Tbk. (SOFA), PT Pakuan Tbk. (UANG) dan PT Megalestari Epack Sentosaraya Tbk.

Aksi korporasi itu dilakukan di tengah pandemi virus corona yang belum lenyap dari Indonesia. IPO itu dilakukan tanpa acara seremonial yang biasa dilakukan di Gedung BEI.

Dengan tambahan 4 emiten baru tersebut, jumlah perusahaan yang IPO sepanjang 2020 mencapai 32 perusahaan. Berikut ini profil 4 emiten baru yang IPO pada 1-7 Juli 2020.

PGUN

PT Pradiksi Gunatama Tbk. (PGUN) adalah perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kepala sawit. Kegiatan usaha perusahaan meliputi pengolahan, penyemaian, pembibitan, penanaman dan sebagainya.

Dana hasil IPO itu ini akan digunakan oleh perusahaan untuk belanja modal seperti membuka lahan dan tanaman baru, pengembangan dermaga (jetty) serta modal kerja. Perusahaan ini IPO pada 7 Juli 2020.

SOFA

Sesuai namanya, PT Boston Furniture Tbk. (SOFA) bergerak di bidang mebel. Salah satu merk furniture yang dikelola oleh perusahaan adalah Blackwood. Berbagai produk yang diproduksi oleh Blackwood antara lain kursi, meja, sofa, tempat tidur dan sebagainya.

SOFA menawarkan 400 juta lembar saham atau sekitar 24,24% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Harga per lembar saham yang ditawarkan adalah Rp100 sehingga dana yang terhimpun dari masyarakat adalah senilai Rp40 milyar. Perusahaan ini IPO pada 7 Juli 2020.

UANG

PT Pakuan Tbk. (UANG) bergerak di sektor properti. Salah satu proyek yang akan digarap oleh perusahaan ini adalah Sawangan Lake View yang berlokasi di Depok, Jawa Barat.

Pakuan merupakan perusahaan yang mengelola lapangan golf, hotel, restoran dan kolam renang yang dikenal dengan nama Sawangan Golf, Hotel & Resort. Perusahaan ini IPO pada 6 Juli 2020.

EPAC

PT Epack Sentosaraya Tbk. (EPAC) bergerak di sektor pengemasan dan plastik. Epack Group merupakan packaging solution provider pertama di Indonesia yang mempunyai kemampuan produksi multi-platform, di roto maupun digital. Perusahaan ini IPO pada 1 Juli 2020.

 

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login