Paling Dicari, Ini Daftar Produsen Oksigen di Indonesia

Dika Aksara

Kebutuhan oksigen untuk medis meningkat tajam satu bulan terakhir. Hal ini menyusul peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia. Tak sedikit rumah sakit yang melaporkan kekurangan pasokan oksigen. 

Tingginya permintaan bahkan membuat distributor tabung oksigen medis di berbagai kota diserbu keluarga pasien. Sayangnya, pasokan oksigen sempat terbatas. Hal ini pun berujung pada kelangkaan pasokan oksigen medis. 

Bahkan yang terbaru, Kementerian Perindustrian sudah menugaskan empat perusahaan lokal untuk melakukan impor oksigen. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan oksigen ke depan. 

Tapi penasaran nggak sih kamu, siapa saja sih produsen oksigen di Indonesia? Big Alpha mencoba merangkum secara singkat profil produsen oksigen nasional. Daftar perusahaan oksigen di bawah ini diambil dari direktori perusahaan di situs resmi Kementerian Perindustrian.

1. PT Aneka Gas Industri Tbk - Grup Samator

Perusahaan yang memiliki pusat produksi di Kawasan Industri Dumai, Riau ini memproduksi liquid nitrogen dan liquid oksigen. Aneka Gas Industri (kode emiten AGII) barangkali menjadi salah satu pemain terbesar untuk komoditas oksigen industri dan medis. 

Dikutip dari situs resminya, AGII memasok gas industri seperti gas udara seperti oksigen, nitrogen, dan argon; gas sintetis; bahan bakar gas; gas langka; gas sterilisasi; gas pendingin; hingga gas elektronik. AGII juga memproduksi gas campuran, khusus untuk medis beserta instalasinya. 

Sebagai informasi, pendiri Samator Group, yang menaungi AGII adalah Arief Harsono. Berbarengan dengan permintaan oksigen yang meningkat di Tanah Air, Arief Hartono tutup usia pada 2 Juli 2021 lalu. 

2. PT Aneka Mega Energi - Grup Samator

Perusahaan ini berada di bawah kendali Grup Samator. Produksi utama dari pabrik yang berada di Sidoarjo, Jawa Timur ini adalah oksigen, baik untuk industri dan medis. Sebagai informasi, Aneka Mega Energi adalah salah satu pemegang porsi saham dari AGII. Per Maret 2021, saham AGII dikuasai oleh Grup Samator sebesar 40,54 persen, PT Anega Mega Energi 25 persen, publik 19,62 persen, Grup Saratoga 7,84 persen, dan sisanya perorangan. 

3. PT Bumi Timur Savero

Produsen oksigen dan elpiji ini berada di Kota Padang, Sumatra Barat. Sayangnya tidak banyak  jejak digital yang merangkum profil perusahaan ini. Situs perusahaan juga hanya menampilkan informasi kontak dan alamat. 

4. PT Libra Gas Industri (LIGASIN)

Perusahaan yang terletak di Ogan Ilir, Sumatera Selatan ini memproduksi oksigen untuk kebutuhan industri dan medis. PT Ligasin, sebutan akrab masyarakat kepada perusahaan ini, sempat menyampaikan keterangan kepada media massa terkait kesiapannya dalam memasok oksigen untuk rumah sakit di Palembang dan sekitarnya. 

5. PT Linde Gresik Gases Indonesia

PT Linde Indonesia merupakan bagian dari The Linde Group. Perusahaan ini merupakan salah satu pemasok gas industri terbesar di Indonesia. PT Linde Indonesia juga memproduksi oksigen untuk medis sekaligus menyediakan instalasinya. Kantor pusat perusahaan ada di Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

Namun situs pabrik perusahaan tersebar di Cikarang, Pamanukan, dan Karawang di Jawa Barat; Cilegon di Banten; serta Gresik di Jawa Timur. 

6. PT Mega Utama Prima

Perusahaan yang bermarkas di Pontianak, Kalimantan Timur ini memproduksi gas oksigen. Perusahaan punya peran penting dalam distribusi gas industri dan medis di wilayah Kalimantan. 

7. PT Murni Gas Raya

Perusahaan yang terletak di Samarinda, Kalimantan  Timur ini memproduksi oksigen cair. Perusahaan punya peran penting dalam distribusi gas untuk industri dan medis di wilayah Kalimantan. 

8. PT Sama Bayu Mandala - Grup Samator

Perusahaan ini juga masih berada di bawah Samator Group. Perusahaan yang berpusat di Banyuwangi ini memproduksi oksigen cair dan peralatan industri seperti tabung gas. Lingkup pelayanan perusahaan juga mencakup Bali dan Nusa Tenggara Barat. 

9. PT Samator Gas Industri 

Perusahaan ini merupakan induk dari berbagai jaringan perusahaan dengan penamaan 'Samator' di Indonesia. Namun entitas induk yang terbuka adalah PT Aneka Gas Industri (AGII). Grup Samator adalah pemain terbesar di industri produksi gas, baik untuk kebutuhan industri dan medis

Bisnis