Investasi

Bagaimana Cara Memilih Bank Untuk Membuka Rekening?

[Waktu baca: 4 menit]

Rekening bank adalah salah satu fasilitas yang perlu bahkan "wajib" dimiliki oleh masyarakat pada saat ini. 

Fungsinya jelas: untuk menyimpan uang. Selain itu, rekening bank itu diperlukan untuk kegiatan transaksi seperti mengirim atau menerima uang (transfer) serta aneka transaksi lainnya.

Sampai September 2020, menurut data OJK, jumlah bank umum mencapai 110 unit dan jumlah Bank Perkreditan Rakyat mencapai 1.512 unit. Alangkah banyaknya! Bagaimana cara memilih satu dari sekian banyak bank itu untuk menempatkan dana milik kita?

Berikut ini sejumlah tips sederhana memilih bank:

1. Lokasi Kantor Cabang

Salah satu cara sederhana untuk memilih bank untuk membuka rekening tabungan adalah bank yang memiliki kantor cabang dekat dengan lokasi tempat tinggal atau tempat kerja.

Kedekatan lokasi dengan tempat tinggal atau tempat kerja tersebut akan memudahkan kita apabila hendak berurusan dengan bank, mulai dari membuka rekening, menyetor uang, menarik uang atau menggunakan fasilitas bank lainnya.

2. Online Banking

Pada saat ini, online banking adalah jasa yang jamak ditawarkan oleh bank. Oleh karena itu, sebelum membuka rekening di suatu bank, kita perlu memastikan bahwa bank tersebut memiliki jasa online banking yang baik.

Jasa itu akan memudahkan nasabah untuk melakukan aktivitas dasar seperti mengecek saldo atau mengirim uang hingga bertransasi seperti belanja online, membayar aneka tagihan atau bahkan berinvestasi. Dengan demikian, aneka transaksi itu dapat dilakukan dimana saja melalui smartphone.

3. Jaringan ATM

Jaringan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) adalah hal penting yang harus dipastikan sebelum memilih suatu bank dalam membuka rekening. Lokasi mesin ATM tersebut setidaknya dipastikan terjangkau dari tempat tinggal atau tempat kerja sehingga memudahkan ketika hendak menarik dana.

Bagi yang sering berpergian perlu dipastikan bahwa kartu ATM yang dikeluarkan oleh bank tersebut dapat digunakan di mesin ATM di berbagai daerah atau berbagai negara. 

4. Fasilitas

Pada umumnya, selain tabungan, bank menawarkan aneka produk keuangan lain seperti kartu kredit, kredit pemilikan rumah, kredit tanpa agunan, tabungan pendidikan dan sebagainya. Selain itu, bank biasanya juga menawarkan produk seperti asuransi (bancassurance), dana pensiun (DPLK), investasi (reksa dana) dan sebagainya.

Apabila kita berencana untuk menggunakan berbagai produk keuangan itu, tidak ada salahnya mempertimbangkan bank yang menawarkan produk tersebut. Dengan demikian, di satu tempat (bank), seorang nasabah bisa mendapatkan berbagai jasa sekaligus, misalnya, mulai dari tempat menyimpan uang (simpanan) hingga tempat menyimpan uang untuk pensiun (dana pensiun).
 

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login