10 Aplikasi Reksa Dana Terbaik Untuk Pemula 2021

Dika Aksara

[Waktu baca: 5 menit]

Aplikasi reksa dana semakin banyak bermunculan dalam beberapa tahun terakhir. Wajar saja, peminat investasi reksa dana juga terus meningkat sejalan dengan makin banyaknya anak muda yang melek finansial. 

Investasi reksa dana kini memang menjadi salah satu pilihan sarana investasi bagi para investor pemula. Cara investasi reksa dana kini juga relatif mudah dan praktis berkat keberadaan aplikasi reksa dana tersebut.

Investasi reksa dana pada 2021 tidak lagi seperti 10 tahun yang lalu dimana calon investor harus datang ke bank atau gerai perusahaan manajemen aset untuk membeli unit reksa dana. Calon investor kini cukup mengunduh aplikasi reksa dana di smartphone lalu berinvestasi di mana saja. Mudah, bukan?

Nah, aplikasi reksa dana apa saja yang terbaik di tahun 2021 ini? Big Alpha merangkumnya untuk kamu. 

1. Bareksa 

Bareksa adalah salah satu pemain reksa dana dengan jam terbang yang tinggi sejak 2013. Simpelnya, Bareksa itu seperti marketplace untuk produk-produk reksa dana. Jadi lewat aplikasi Bareksa, kamu bisa bebas memilih reksa dana yang jumlahnya sampai ratusan produk.

Di platform Bareksa, kamu bisa melakukan transaksi pembelian dan penjualan produk reksa dana secara online melalui ponsel. Simpel, tidak perlu datang ke kantor manajer investasi atau bank. Oh ya, pembayaran atau top-up Bareksa bisa dilakukan lewat OVO dan Link Aja juga lho!

Menariknya, Bareksa selalu memperbarui urutan rekomendasi produk reksa dana terbaik berdasarkan jenisnya (pasar uang, pendapatan tetap, saham, atau campuran). Dalam urutan rekomendasi reksa dana ini, kamu bisa melihat produk reksa dana mana yang memberikan return atau imbal hasil tertinggi sekaligus berbagai informasi mengenai profil manajer investasi yang mengelola produk tersebut. 

2. Bibit

Bibit merupakan pemain yang relatif baru. Perusahaan ini mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan pada 2018. Namun, kemunculan Bibit menarik perhatian banyak investor.

Selain karena branding yang menarik, Bibit juga membantu investor pemula untuk langsung membeli produk reksa dana disesuaikan dengan toleransi risiko yang dimiliki. Fitur robo advisor Bibit akan memilihkan reksa dana, kamu tinggal terima beres! 

Skema yang dipakai Bibit ini menggunakan prinsip Modern Portfolio Theory yang dikenalkan oleh Harry Markowitz dalam pengelolaan portofolio investasi. 

3. Ajaib

Aplikasi reksadana yang satu ini sempat menarik perhatian kawula muda awal 2021 ini. Kenapa? Karena di baliho iklan Ajaib menampilkan aktor drama Korea Start-Up, Kim Seonho, yang hits pada akhir 2020 lalu. Ya, jurus marketing ini tampaknya cukup ampuh mendulang popularitas Ajaib yang dijalankan oleh PT Takjub Teknologi Indonesia. 
 
Cara kerja Ajaib hampir mirip dengan aplikasi reksa dana lainnya. Melalui Ajaib, investor pemula bisa langsung mendapat rekomendasi produk saham yang bisa dibeli. Tapi sebelumnya, calon investor akan diminta menjawab 6 pertanyaan untuk menentukan profil risikonya. 

4. Tanamduit

Tanamduit mengejar target pasar anak-anak muda yang baru memulai investasinya. Tak cuma reksadana, Tanamduit juga melayani transaksi investasi surat berharga negara (SBN), asuransi, sampai emas batangan. 

Yang menarik dari aplikasi reksadana satu ini, kamu bisa memantau portofolio investasi kamu melalui fitur 'One View Portfolio'. Nah, kamu juga bisa melakukan perbandingan 3 produk reksadana sekaligus untuk melihat performanya sebelum membeli. 

Buat kamu yang masih nol banget soal investasi, tenang aja. Tanamduit juga menyajikan fitur edukasi dan tutorial transaksi. 

5. IPOT 

Mungkin IPOT lebih dikenal sebagai aplikasi saham. Padahal IPOT juga melayani transaksi investasi reksa dana juga lho. IPOT memberikan opsi investasi reksadana melalui IPOTFund. Cara kerjanya sama dengan aplikasi reksadana lainnya, yakni sebagai marketplace produk-produk reksadana. 

Menariknya, investor pemula bisa memanfaatkan fitur fund evaluator untuk menentukan pilihan produk reksa dana pertama yang akan dibeli. Jadi buat kamu yang masih bingung dalam memilih produk reksa dana, IPOT akan membantumu. 

6. POEMS ID

Aplikasi reksadana yang satu ini dijalankan oleh Phillip Sekuritas, salah satu sekuritas top yang ada di Indonesia. Meski lebih dikenal sebagai aplikasi saham, POEMS ID juga menawarkan opsi investasi reksadana. 

Hal ini justru menguntungkan investor bukan? Bisa berinvestasi dalam saham atau reksadana sekaligus dalam satu aplikasi. 

Pembelian produk reksadana diberikan POEMS ID lewat fitur Profunds, sebagai supermarket reksadana online dengan lebih dari 100 produk. Kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp 50 ribu dan memantau pertumbuhan reksadana secara real time. 

Menariknya, POEMS ID punya fitur SmartStart yang memberikan rekomendasi paket reksadana bagi investor pemula. Tentunya disesuaikan dengan profil risiko kamu, apakah termasuk konservatif, moderat, atau agresif. 

7. Tokopedia

Eits jangan bingung dulu. Tokopedia memang memiliki fitur investasi reksadana!

Untuk memberikan layanan investasi reksadana ini, Tokopedia menggandeng Bareksa sebagai agen penjual produk reksadana. Kalau kamu sudah punya akun di Tokped, maka pembelian reksa dana bisa langsung kamu lakukan dengan cara mendaftar Tokopedia Reksadana Online. 

Tokopedia juga mengklaim kecepatan pencairan dana investasi dalam hitungan menit saja. Padahal di aplikasi lain, pencairan dana investasi bisa memakan waktu 1-2 hari kerja.

8. Bukalapak (Bukareksa)

Bukalapak pun nggak mau ketinggalan dengan marketplace lainnya. Lewat aplikasinya, Bukalapak merilis fitur Bukareksa sebagai layanan investasi reksadana. Produk-produk reksadana yang dijual melalui Bukareksa didapat dari Bareksa dan Tanamduit. 

Jika kamu tertarik investasi reksadana di Bukareksa, nilai minimalnya cuma Rp10 ribu saja. Bukareksa juga menawarkan opsi pencairan instan. 

9. Invisee

Aplikasi reksadana selanjutnya adalah Invisee. Kamu bisa membeli produk reksadana dengan minimal saldo Rp 10 ribu saja. Menarik bukan? 

Menariknya, Invisee menawarkan fitur pengingat sehingga kamu bisa mengatur jadwal investasi sesuai dengan kondisi finansial. Misalnya nih, kamu gajian tanggal 1 setiap bulan. Kamu bisa mengatur pengingat setiap tanggal 2 lewat email yang dikirim Invisee. 

10. Raiz

Salah satu slogan dari aplikasi Raiz adalah: Dengan Raiz, investasi jadi sederhana dan terjangkau. Sesuai dengan slogannya, investor memang bisa memulai membeli produk reksadana dengan modal kecil yakni Rp10 ribu saja. Pembayarannya pun mudah, bisa lewat Gopay, ShopeePay, Dana, hingga Link Aja. 

Raiz menawarkan 5 pilihan portofolio di mana masing-masing portofolio terdapat 1 reksa dana:

  • Konservatif: pasar uang
  • Moderat: pendapatan tetap
  • Agresif: indeks saham LQ45
  • Amanah: pasar uang syariah
  • Sukuk: sukuk (obligasi syariah)
     
Tags:

Investasi