Personal Finance

Ada Apa Shopee dan Kurirnya?

[Waktu baca: 3 menit]

Beberapa waktu lalu muncul tagar #ShopeeTindasKurir di Twitter. Tagar itu muncul setelah adanya rumor mengenai mogok kerja para kurir Shopee Express (SPX). Di samping itu, para kurir memprotes penurunan tarif per paket yang membuat upah yang mereka terima semakin rendah. 

Kendati rumor mengenai mogok kerja itu dibantah manajemen Shopee, sejumlah kurir mengungkapkan mengenai penurunan honor yang diterima. Para kurir itu menceritakan pengalamannya di media sosial atau media massa.

Sebagai gambaran, Shopee Express adalah ekspedisi yang dimiliki oleh Shopee International Indonesia, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Kurir adalah pekerjaan ekspedisi yang bertugas mengantarkan paket ke alamat pembeli barang.

Salah satu kurir yang diwawancara Kompas.com pada 15 April 2021 menyatakan bahwa honor yang dia terima untuk mengirim satu paket terus menurun beberapa waktu ini.  Pada saat awal masuk kerja, dia menerima honor Rp3.500 per paket, tetapi saat ini menjadi Rp 1.900 per paket.  

Selain honor yang dipangkas, kurir tersebut juga mengungkapkan adanya penambahan jumlah paket yang wajib diantar demi mendapatkan penghasilan tambahan atau insentif. Isu soal honor kurir Shopee ini sempat merebak di media sosial. Namun, lambat laun isu ini mereda.

Apa yang sebenarnya terjadi? Dari pihak Shopee, Executive Director Shopee Indonesia Handhika Jahja menyampaikan bahwa hitungan upah yang dijalankan oleh pihaknya sudah mengikuti harga yang ada di pasaran. Namun, ada insentif untuk mitra pengemudi SPX yang bisa melampaui target pengiriman.

Sebagai ilustrasi, rata-rata upah per paket yang ada di pasaran berkisar Rp1.700 dan Rp2.000. Nilai yang dipakai Handhika tersebut berdasar pada besaran upah jasa logistik lainnya.

“Kami pastikan bahwa skema insentif Shopee selalu mengikuti peraturan yang berlaku di daerah terkait, serta mengikuti tingkat harga di pasar guna mengupayakan titik temu terbaik antara permintaan pengguna dan ketersediaan mitra SPX,” katanya seperti dilansir Kompas.com.

Selain upah, Handhika juga menyebut bahwa Shopee Indonesia juga menyediakan perlindungan asuransi untuk para mitra pengemudi SPX. Hal itu dilakukan untuk memberikan lingkungan kerja yang aman dan produktif.

Semoga masalah ini cepat selesai bagi kedua belah pihak, ya!

 

Tags in: Bisnis

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login