Big Alpha itu apa sih? Sekuritas ya?

Big Alpha bukan perusahaan sekuritas. Kami adalah research firm berbasis komunitas yang memiliki misi untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, khususnya mengenai saham dan investasi.

Big Alpha ini perorangan apa gimana sih?

Big Alpha adalah institusi berbadan hukum dengan nama PT Bangun Aset Indonesia yang izin usahanya telah disahkan melalui proses legalitas yang berlaku. 

Layanan Big Alpha apa aja?

Sebagai research firm, fokus layanan kami adalah penyediaan informasi, baik itu secara cuma-cuma melalui platform social media yang kami miliki, maupun berbayar melalui e-book dan kelas investasi.

Kenapa e-book Big Alpha telat sih? Jualan e-book Q1 di kuartal 2, Q2 di kuartal 3? Kenapa gitu?

Kami menganalisa emiten berdasarkan performa mereka di kuartal sebelumnya yang tersarikan di laporan keuangan yang rilis di kuartal berikutnya. Contoh, performa kuartal satu akan tampak pada laporan keuangan kuartal satu yang dirilis di kuartal dua. Jadi, e-book Q1 adalah e-book yang menganalisa emiten berdasarkan performa kuartal satu mereka. Karena laporan keuangan performa Q1 baru rilis di kuartal dua, maka e-book Q1 pun baru bisa rilis di kuartal dua.

Saya masih awam soal keuangan. Saya akan ngerti nggak ya baca analisa Big Alpha?

Kami berupaya untuk menyampaikan analisa sesederhana mungkin dan dilengkapi dengan contoh dan analogi sehari-hari untuk membantu teman-teman yang masih awam. Contoh analisa kami dapat di baca di kolom Analisa.

Big Alpha kok bisa tau saham mana aja yang akan naik harganya?

Kami tidak menganalisa emiten yang harganya pasti akan naik dalam jangka waktu tertentu. Yang kami analisa adalah saham-saham undervalue, yakni jika dibandingkan dengan performanya, harga emiten tersebut tergolong “murah”. Karena di Big Alpha, kami percaya, performa fundamental lah yang akan mempengaruhi naik turunnya sebuah harga saham dalam jangka panjang.

Jika tau informasi saham undervalue ini, kenapa Big Alpha nggak beli sendiri aja?

Dana yang kami miliki terbatas. Untuk itu, informasi ini kami perjualbelikan dalam bentuk e-book.

Apa Big Alpha membeli saham yang dianalisa?

Ya, kami membeli 4-5 emiten yang sudah kami analisa sendiri, yang kami sesuaikan dengan dengan profil resiko dan target kami selaku institusi. Sebagai bentuk transparansi, kami menginformasikan saham apa saja yang kami punya di halaman Investor Relation.

Kenapa saya nggak ngikutin portfolio Big Alpha aja daripada beli e-book nya?

Kami tidak melarang seseorang untuk 100% mengikuti portfolio saham kami. Namun kami percaya, setiap orang memiliki profil resiko dan target yang berbeda-beda. Selain itu, momentum harga masuk juga bisa berbeda setiap bulannya yang dapat mempengaruhi besaran imbal balik yang diharapkan.

Setelah beli e-book, saya bisa minta tolong untuk dipilihin emiten mana yang paling cocok buat saya?

Eksekusi atas analisa yang tersedia dalam e-book, kami kembalikan sepenuhnya kepada masing-masing individu, agar dapat disesuaikan dengan profil resiko dan target masing-masing. Tidak dalam posisi apapun, kami berusaha untuk menganjurkan atau memaksa seseorang membeli suatu emiten.

Saya beli saham yang ada di e-book tapi kok rugi?

Tidak ada satu orang pun yang dapat memprediksi pergerakan pasar. Namun kami yakin performa fundamental akan menjadi landasan baik dalam melakukan analisa dan akan memberikan return dalam jangka panjang.